Sukses

Penjualan Mobil Ford di ASEAN Cetak Rekor

Pabrikan asal Amerika Serikat (AS) itu berhasil mencatatkan rekor lewat lonjakan penjualan lebih dari lima persen.

Liputan6.com, Jakarta - Ford Motor Company mengumumkan prestasinya dengan mencatatkan pertumbuhan penjualan secara ritel di kawasan ASEAN sepanjang 2014. Dibandingkan tahun lalu, pabrikan asal Amerika Serikat (AS) itu berhasil mencatatkan rekor dengan mengalami peningkatan penjualan lebih dari lima persen dengan angka 100.824 unit.

Adapun, berdasarkan keterangan yang diterima Liputan6.com, penjualan Ford di ASEAN didorong  kinerja setahun penuh di pasar Filipina, Vietnam, Malaysia, Kamboja, dan Myanmar, serta pencapaian pangsa pasar di Thailand, di tengah-tengah perlambatan industri domestik yang signifikan.

"Bersamaan dengan kami terus bertumbuh  di kawasan ASEAN – termasuk berlanjutnya perluasan showroom dan line-up kendaraan Ford, dan yang terpenting tim berbakat kami di pasar-pasar yang dinamis ini – kami mampu untuk melayani begitu  banyak pelanggan yang baru terhadap Ford dan lebih jauh memperkuat kehadiran brand kelas dunia kami," jelas Matt Bradley, President Ford ASEAN.

Dijelaskan, penopang utama penjualan Ford di ASEAN adalah Ford Ranger. Di mana, mode itu menjadi truk pickup terlaris tahun 2014 di Filipina, Vietnam, Kamboja, Myanmar, dan kendaraan terlaris ke-dua di Malaysia. Sementara Penjualan Ranger di seluruh wilayah ASEAN meningkat 10 persen dibandingkan tahun sebelumnya menjadi 50.190 unit.

"Tampilan tangguh, fleksibel dan kemampuan keseluruhan pickup yang luar biasa ini terus menarik berbagai pelanggan di seluruh ASEAN, dan memenuhi tuntutan dan kebutuhan pekerjaan dan gaya hidup mereka masing-masing," kata Bradley.

Kemudian, penjualan Ford di tahun 2014 juga didorong peluncuran all new EcoSport urban SUV kompak, yang membantu mendefinisikan segmen kendaraan yang benar-benar baru di seluruh pasar ASEAN.

EcoSport yang baru diluncurkan dengan cepat menjadi nameplate terlaris ke-dua Ford di pasar-pasar utama  seperti Thailand, Filipina, Vietnam, Malaysia, dan Indonesia, menutup tahun 2014 dengan penjualan total di ASEAN sebanyak 18.149 unit.

"EcoSport telah lebih jauh  memperluas showroom kami dan memungkinkan brand Ford untuk terhubung dengan segmen pelanggan yang benar-benar baru di seluruh wilayah ASEAN," kata Bradley.

>>Klik laman berikutnya!

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Catat Rekor

Rekor Penjualan

Thailand terus memimpin kinerja keseluruhan Ford di ASEAN dengan penjualan setahun penuh sebesar 38.087 unit. Di tengah perlambatan pasar domestik yang signifikan, Ford terus  melampaui industri Thailand secara keseluruhan pada tahun 2014, membantu mendorong pangsa pasar setahun penuhnya meningkat 0.5 persen menjadi 4,4 persen.

Ford sukses menutup tahun dengan kuat di Thailand dengan peningkatan penjualan tiga bulan berturut-turut, termasuk penjualan ritel bulan Desember yang naik hampir 20 persen menjadi 3.471 unit.

Di Filipina, Ford mencatatkan rekor kinerja setahun penuh selama dua tahun berturut-turut dengan penjualan ritel yang  melonjak sebesar 53 persen menjadi 20.341 unit. Penjualan bulan Desember meningkat 56 persen dibandingkan periode yang sama di tahun sebelumnya menjadi 1.903 unit, menandai kinerja kuartal terbaik Ford selama sejarahnya di Filipina.

Di pasar lain, yakni Vietnam, Ford  mencatat rekor kinerja setahun penuh  dengan total penjualan ritel naik sebesar 71 persen menjadi 13.988 unit, termasuk penjualan Desember yang meningkat 64 persen menjadikan penjualan total bulanan terbaik selama ini sebanyak 1.650 unit.

Tak pelak pangsa pasar Ford sepanjang 2014 naik 1,5 persen dibandingkan tahun sebelumnya menjadi 8,9 persen. Selain Ranger yang menjadi pickup dengan penjualan terlaris di Vietnam, Transit juga menutup tahun sebagai van komersial terlaris di Vietnam.

Di Malaysia, Ford juga mencatatkan rekor kinerja setahun penuh selama dua tahun berturut-turut dengan penjualan ritel keseluruhan meningkat sebesar 31 persen menjadi 13.938 unit. Di Indonesia, penjualan keseluruhan Ford selama setahun penuh meningkat lebih dari 14 persen menjadi 11.614 unit.

Ford terus mengalami pertumbuhan yang signifikan di pasar berkembang seperti Myanmar, Kamboja dan Laos, dengan penjualan kolektif  yang meningkat sebesar 31 persen menjadi 2.161 unit, termasuk rekor penjualan setahun penuh di Kamboja dan Myanmar. Ford juga mengalami peningkatan penjualan sebesar 14 persen dari tahun sebelumnya di Singapura.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini