Sukses

Mengintip Perakitan Land Rover Defender Secara Hand Made

SUV legendaris ini diproduksi secara massal pertama kali pada tahun 1948 silam.

Liputan6.com, London - Pabrikan kendaraan asal Inggris dikenal dengan karyanya yang khas dan ikonik. Tak hanya itu saja, manufaktur Inggris dikenal dengan ciptaannya yang dibangun secara hand made.

Salah satu pabrikan yang memproduksi kendaraan secara handmade adalah Land Rover. Pabrikan dengan spesialis mobil SUV ini rupanya membangun mobil-mobil termasuk juga lini model legendarisnya yakni Defender secara handmade.

Melansir laman Caranddriver, Kamis (22/1/2015), SUV ini diproduksi secara massal pertama kali tahun 1948 dengan desain ikonik yang tidak berubah hingga tahun 1971.

Watching Land Rover Defenders assembled by hand is strangely soothing

Defender yang diproduksi pada manufaktur di West Midlands, Inggris ini awalnya digunakan sebagai kendaraan penunjang pertanian hingga berkembang menjadi kendaraan multifungsi termasuk sebagai kendaraan militer.

Land Rover membangun Defender menggunakan body-on-frame dan penggerak 4X4. Sebagai sebuah SUV tradisional, Defender tidak menanjikan efisiensi, kemewahan, dinamika berkendara, atau desain yang mutakhir.



Sebagai SUV yang dibangun secara handmade, Defender digarap oleh para pekerja baik pria ataupun wanita yang terlatih. Para pekerja di West Midland membangun Defender mulai dari mengelas bagian-bagian bodi sampai dengan mengampelas bodi alumunium yang dilakukan secara manual tanpa bantuan mesin.

Watching Land Rover Defenders assembled by hand is strangely soothing

Defender memiliki konsumsi bahan bakar mencapai 5,1 km/liter sehingga tidak efisien untuk saat ini. Kabarnya, tahun 2015 menjadi tahun terakhir SUV ikonik Inggris ini diproduksi di tanah kelahirannya karena Defender sudah tidak lagi memenuhi regulasi baik efisiensi maupun standar emisi yang dihasilkan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.