Sukses

Hemat Jutaan Rupiah Rawat Kendaraan dengan 5 Resolusi Berikut

Seringkali niat menghemat pengeluaran dengan meniadakan cek kendaraan malah berujung keluarnya biaya yang lebih besar.

Liputan6.com, Jakarta - Memiliki kendaraan jelas membutuhkan perawatan. Wajar saja, biaya tambahan bakal keluar dari kocek para pemilik kendaraan secara rutin guna menjaga roda empat mereka tetap prima.

Seringkali, pemilik mobil hanya pergi ke bengkel ketika mobil miliknya telah dilanda kerusakan. Tentunya, niat menghemat pengeluaran malah berujung keluarnya biaya yang lebih besar.

Lantas, bagaimana tips menghemat pengeluaran untuk biaya perawatan kendaraan? Berikut Liputan6.com jabarkan, dilansir dari Carmudi, situs jual beli kendaraan online dunia. 

Resolusi 1: Melakukan Dua Kali Cek Up Setahun.

Apakah Anda yakin bahwa cairan mobil Anda, baterai, sistem rem, kemudi dan suspensi masih baik? Pikirkan lagi, untuk itu, cek up mobil Anda dua kali setahun sebagai tindakan pencegahan.

Bengkel terpercaya dapat mengidentifikasi masalah terkecil, sehingga dapat membantu Anda menghemat biaya pemeliharaan dalam jangka panjang.

Singkatnya, indikasi masalah yang diketahui di awal dapat mencegah biaya perbaikan yang lebih mahal.

Andai, kendaraan Anda nantinya bakal dijual, calon pembeli akan terkesan dengan kondisi mobil Anda yang prima. Dokumen pemeliharan dapat pula disertakan untuk mendongkrak nilai jual kendaraan Anda.

Kesimpulan: Nilai jual kendaraan kembali tinggi, ditambah penghematan biaya kerusakan hingga Rp 3 jutaan.

>>> Silahkan Klik Laman Selanjutnya

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Hindari Mengemudi Agresif

 

Resolusi 2: Hindari Mengemudi Agresif

Apakah Anda seorang pencari adrenalin? Jika demikian, maka resolusi ini pasti akan sulit untuk Anda.Walaupun itu tidak mungkin hal ini akan sangat bermanfaat untuk tabungan Anda.

Hentikan kecepatan mengemudi yang tinggi,hindari memulai mengemudi dengan cepat dan pengereman keras.

Cara cerdas untuk meningkatkan efisiensi bahan bakar Anda hingga 40 persen. Ya,40 persen! Anda bahkan dapat mengurangi biaya bahan bakar Anda dengan mengemudi pada kecepatan penghemat bahan bakar yang optimal antara 50 dan 60 Miles per jam.

Hasil: Meningkatkan efisiensi bahan bakar Anda hingga 40 persen.

>>> Silahkan Klik Laman Selanjutnya

3 dari 5 halaman

Menjaga Tekanan Ban

 

Resolusi 3: Menjaga Tekanan Ban

Selama penggunaan ban meningkat,ditambah dengan kondisi jalan yang buruk,berlubang,berbatu dan lainnya,dapat menyebabkan keausan yang cepat dan bocor pada ban.

Jika Anda ingin mendapatkan performa terbaik dari ban Anda, maka Anda harus menjaga inflasi ban Anda pada tingkat yang optimal.

Bagaimana? Periksa informasi yang diberikan oleh produsen ban Anda. Perlu diingat bahwa menjaga kondisi ban di bawah kendaraan dapat mengurangi efisiensi bahan bakar hingga 15 persen,mengurangi kehidupan ban juga dapat menyebabkan masalah manuver yang dapat menyebabkan kecelakaan.

Hasil: Menghemat biaya ban,hemat biaya bahan bakar hingga 4 persen, menghindari risiko kecelakaan dan biaya perbaikan.

>>> Silahkan Klik Laman Selanjutnya

4 dari 5 halaman

Cairan Rem dan Transmisi

 

Resolusi 4: Periksa Keutuhan Cairan Mobil

Mementingkan cairan minyak dan transmisi, pastikan untuk tidak melakukan perubahan cairan. Mengapa? Ini akan membantu untuk memastikan rem dan sistem kopling terpelihara dengan baik.

Jika Anda Abaikan rincian ini, Anda mungkin akhirnya harus mengganti rem dan sistem kopling. Hal ini dapat mengeluarkan biaya sedikit mahal dan memakan waktu.

Mengganti rem dan memperbaiki sistem kopling dapatmenghemat biaya hingga kurang lebih dari 1 juta an rupiah.

Hasil: Hindari mengganti rem dan sistem kopling - menyimpan lebih dari 1 jutaan.

>>> Silahkan Klik Laman Selanjutnya

5 dari 5 halaman

Jaga Kebersihan Mobil

 

Resolusi 5: Jaga Mobil Anda bersih

Sampah yang berantakan bisa menjadi tempat persembunyian untuk titik masalah dan noda. Jadi,menjaga mobil Anda agar selalu bersih dan memanfaatkan peralatan perawatan mobil Anda untuk menghilangkan bintik-bintik atau noda sebelum mereka rusak.

Anda akan terkejut mengetahui bahwa kotoran dan debu bisa sangat keras pada kendaraan Anda,terutama untuk interior mobil Anda.

Investasi di dalam mobil yang berkualitas baik dan menghilangkan debu itu secara teratur dapat membuat kendaraan Anda bersih noda untuk jangka panjang yang baik.

Hasil: Hemat hingga 5 jutaan rupiah untuk mengganti seluruh interior mobil Anda. (Des/Des)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.