Sukses

Mobil Off-road Hibrida Buatan Tiongkok, Seberapa Canggih?

Tang sanggup melontarkan daya maksimal mencapai 505 horse power dengan torsi 531 pound-feet.

Liputan6.com, Beijing - Lewat kendaraan satu ini, Tiongkok mungkin tak lagi diremehkan dalam urusan industri otomotif. Pasalnya, makin canggih saja produk otomotif yang dihasilkan oleh produsen Tirai Bambu tersebut. 

Kini, giliran mobil SUV hibrida pertama berperforma tinggi yang keluar dari Negeri Tiongkok. Adapun, nama yang dipilih adalah Tang.

Seberapa hebat Tang? SUV tersebut diciptakan oleh perusahaan otomotif bernama BYD. Nama Tang sendiri sengaja dipilih karena terinspirasi dari kesuksesan Dinasti Tang yang dikenal makmur dan sejahtera sepanjang sejarah negeri Tiongkok.

Melansir laman Leftlanenews, Jumat (23/1/2015), Tang dibekali mesin bensin berkapasitas 2,0-liter dengan turbocharged dan sepasang motor elektrik.

Dikatakan, baterai dengan daya 18 kWh miliknya sanggup menggerakkan mobil tersebut sejauh 50 mil. Sementara itu dalam mode hibrida, konsumsi bahan bakar Tang diklaim mampu mencapai 60 km/liter.

Kombinasi antara mesin turbo dengan motor elektrik tersebut diklaim sanggup melontarkan daya maksimal mencapai 505 horse power dengan torsi 531 pound-feet. Tang sanggup berakselerasi dari kondisi berhenti hingga kecepatan 100 km/jam dalam waktu kurang dari lima detik.

Menyoal harga, BYD membanderol SUV buas ini di angka US$ 48 ribu. Sementara untuk pasar Tiongkok mobil ini dijual seharga US$ 35 ribu karena telah mendapat subsidi. (Ysp/Des)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini