Sukses

Canggihnya Alat Pendeteksi Bandit di Mobil Patroli Polisi

Skoda Octavia vRS yang dipilih sebagai armada patroli baru plisi Aalter ternyata memiliki sebuah sistem mumpuni bernama ANPR.

Liputan6.com, Jakarta - Untuk mendukung tugasnya, kepolisian dewasa ini mulai menggunakan teknologi canggih. Kepolisian Aalter, Belgia misalnya, mereka memilih sebuah armada patrol yang turut dikemas dengan sistem mutakhir.

Ya, sebagaimana dilansir dari Worldcarfans, Jumat (30/1/2015), mobil Skoda Octavia vRS yang dipilih sebagai armada patroli baru plisi Aalter ternyata memiliki sebuah sistem mumpuni bernama ANPR.

Teknologi yang dikenal dengan Automatic Number Plate Recognition ini sengaja dibuat untuk mendeteksi mobil-mobil yang kedapatan melanggar atau bahkan dalam status hilang karena dicuri.

Dijelaskan, sistem ini bekerja berdasarkan database di pusat data. Ketika mendeteksi plat nomor bermasalah, maka sang petugas bakal mendapat notifikasi dan segera melakukan penindakan.

Adapun, kepolisian Aalter, Belgia mengeluarkan 29.490 poundsterling untuk satu unit Skoda Octavia vRS. Sedangkan ANPR ditebus lebih mahal seharga 85 ribu poundsterling.

Untuk spesifikasi, Skoda mengklaim bahwa Octavia vRS bisa berakselerasi dari 0 hingga 100km/jam dalam 6,8 detik. Performa ini tak terlepas dari mesin 2,0 TSI dengan output 220 horse power (HP). Di samping itu adapula varian laun yang mengusung mesin 2,0 TDI dengan 184 HP.

(Gst/Igw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.