Sukses

Pabrik Baru Honda di Indonesia Fokus Garap Skutik

76,8 persen total penjualan sepanjang tahun lalu disumbang oleh model BeAT cs.

Liputan6.com, Nusa Dua - Meski industri otomotif diprediksi stagnan tahun ini, PT Astra Honda Motor (AHM) nampaknya tak mengendurkan produksi sepeda motornya tahun ini.

Malah, pabrikan berlogo sayap kepak ini berusaha menggenjot produksi sepeda motor, khususnya jenis  skutik.

"Ya, pabrik baru yang diresmikan beberapa waktu lalu memang jadi tempat produksi skutik saja," ujar Ahmad Muhibbuddin, Deputy Head of Corporate Communication PT AHM saat berbincang dengan liputan6.com.

Harus diakui, motor berjenis skutik memang menjadi tulang punggung penjualan PT AHM. Bahkan 76,8 persen total penjualan sepanjang tahun lalu disumbang oleh model BeAt cs. Dari 5.051.100 unit sepeda motor yang dijual PT AHM tahun lalu, 3.880.190 unit di antaranya ditopang tipe skutik.

Di pasar dalam negeri PT AHM mengandalkan Honda Vario, BeAT FI, Scoopy, dan Spacy. Bahkan pabrikan memiliki PCX 150 yang bermain di kelas skutik premium.

"Kelas kutik kan cukup besar, karenanya perlu ada beberapa segmen (seperti entry, medium, dan premium)," kata Executive Vice President Director PT AHM, Johannes Loman seusai meluncurkan New Vario 150 beberapa waktu lalu.

(Ysp/Gst)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini