Sukses

Pemotor, Begini Cara Aman Berkendara Saat Hujan

Liputan6.com coba memberikan tips bagaimana cara aman berkendara saat hujan.

Liputan6.com, Jakarta - Intensitas hujan yang mulai tinggi dalam beberapa hari terakhir pastinya membuat para pengendara sepeda motor (pemotor) harus ekstra hati-hati ketika di jalan.

Selain harus membawa perlengkapan seperti jas hujan dan memastikan kondisi kendaraan dalam kondisi baik, pemotor pun disarankan untuk memperhatikan beberapa kiat khusus ketika berkendara saat hujan.

Nah, dihimpun dari berbagai sumber, berikut Liputan6.com coba memberikan tips bagaimana cara aman berkendara saat hujan.

-- Persiapkan selalu jas hujan

Ketika hujan, perlengkapan yang satu ini menjadi barang wajib yang harus dibawa. Selain fungsinya yang melindungi tubuh dari air, jas hujan pun nyatanya bisa menjaga kondisi suhu tubuh.

Saat hujan, disarankan pemotor langsung mengenakan jas hujan dan jangan gunakan yang berjenis ponco.

--  Jaga kecepatan

Jangan sekali-kali mengemudi agresif ketika kondisi hujan. Jalan yang licin akibat air bisa membuat ban sepeda motor slip bila melakukan manufer terlalu tajam.

Karenanya, perhatikan betul kecepatan, jaga laju kendaraan sesuai dengan kemampuan Anda berkendara. Ketika belok atau ingin mendahului perhatikan bentul kondisi jalan.


>>> Klik halaman berikutnya

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Next

-- Hindari lubang

Nah, intensitas hujan yang tinggi secara otomatis turut berdampak pada infrastruktur jalan. Karena itu, pemotor diharapkan waspada dan hati-hati ketika melintas.

Ada baiknya, hindari lubang atau bila terpaksa jaga laju kendaraan dalam kecepatan rendah.

-- Baca genangan air

Selain banyak jalanan yang berlubang, hujan yang turun terus menerus membuat sejumlah ruas jalan tergenang air.

Nah, ketika hendak menerabas, perhatikan betul tinggi genangan. Sebisa mungkin ambil jalan yang tidak terlalu tergenang. Lewati genangan dengan kondisi pelan.

-- Hindari rem mendadak

Jalanan yang basah membuat cengkaraman ban pada permukaan aspal tidak terlalu maksimal. Karenanya, sebisa mungkin menghindari melakukan pengereman secara mendadak. Sebab hal ini bisa mengakibatkan kendaraan Anda tergelincir. Sebisa mungkin lakukan pengereman secara halus diikuti dengan penurunan tarikan gas.

(Gst/Igw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini