Sukses

Mengintip Mobil Legendaris 'Pak Pos' dari Swedia

Di Swedia, salah satu kendaraan yang pernah digunakan untuk mengantarkan surat adalah sebuah mobil tua yang unik.

Liputan6.com, Stockholm - Di Indonesia, kendaraan pengantar surat biasanya adalah sepeda motor. Tetapi, tidak demikian di Swedia. Di negara ini, salah satu kendaraan yang pernah digunakan untuk mengantarkan surat adalah sebuah mobil tua yang unik.

Melansir jalopnik.com pada Kamis (12/2/2015), mobil tua yang dimodifikasi menjadi mobil pos ini adalah Saab 95, sebuah prototipe mobil listrik yang pernah digunakan sebentar di kota Linköping, Swedia, sebelum akhirnya berakhir di museum.

Secara resmi, mobil pengantar surat ini bernama Saab Elbil atau dikenal juga sebagai 95 TJ Electric Postal Van. Mobil ini menggunakan sistem 84 volt dengan motor listrik yang dibuat oleh TJ Electric. Memiliki berat 4.497 pon, mobil ini dapat mencapai kecepatan maksimum 70 km/jam.

Karena kemampuan yang pas-pasan tersebut, tukang pos Swedia merasa cukup kesulitan untuk mengejar target surat yang harus diantarkan. Akhirnya, mobil ini diputuskan untuk "dipensiunkan" di unit penyimpanan pos sebelum masuk ke dalam daftar penjualan di museum Saab.

>>>Klik laman berikutnya

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Swedia rumahnya mobil kuno

Swedia memang dikenal dengan mobil-mobil kunonya. Di Bastnas, lapangan kuno yang terletak di salah satu hutan Swedia dijadikan "kuburan" ribuan mobil peninggalan serdadu yang ikut bertempur pada Perang Dunia II.

Di hutan tersebut juga ada mobil keluaraan Saab. Apakah Saab 95 akan bernasib sama seperti pendahulunya? Semoga saja tidak.

(Rio/Gst)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini