Sukses

Mobil Formula Mahasiswa UNY Diadu di Seoul

Tahun ini Tim mobil Universitas Negeri Yogyakarta kembali mendapat kehormatan untuk berlaga di 2015 ISGCC di Seoul, Korea Selatan.

Liputan6.com, Jakarta - Setelah berhasil membawa pulang banyak kategori juara selama dua tahun berturut-turut dalam International Student Green Car Competition (ISGCC) di Seoul, Korea Selatan, Garuda UNY  Racing Team akan kembali berlaga di kompetisi internasional.

Tahun ini Tim mobil Universitas Negeri Yogyakarta kembali mendapat kehormatan untuk berlaga di 2015 ISGCC di Seoul, Korea Selatan. Selain itu, mereka akan menunjukan kepiawaian dalam membuat dan memodifikasi mobil formula dengan mengikuti 2015 Student  Formula Japan (SFJ) di Jepang.

Melalui rilis yang diterima Liputan6.com, Student Formula Japan diikuti oleh mahasiswa-mahasiswa yang berasal dari berbagai Negara di dunia. Sementara dari Indonesia sendiri, salah satunya akan diwakili oleh Garuda UNY Racing Team.

"Kami sudah terdaftar secara resmi di 2015 Student Formula Japan. Kami mendapat nomer mobil 76, Saat ini kami membutuhkan banyak dukungan dari berbagai pihak dan sangat terbuka untuk kerjasama sponsorship," Ujar Bondan Prakoso Ketua Umum delegasi 2015 SFJ.

Dalam 2013 ISGCC, GURT berhasil meraih  kategori 1st winner Creative Technology. Di tahun kedua mengikuti ISGCC, GURT berhasil memborong 4 kategori juara, 1st Winner Endurance Hybrid, 1st Winner Acceleration Hybrid, 2nd Winner Creative Technology Hybrid, dan 3rd Winner Acceleration Electric 2015.

>>>Klik laman berikutnya

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Proses pembuatan mobil

Pembuatan mobil formula ini melibatkan 18 orang mahasiswa dan dua orang dosen pembimbing sebagai advisor. 18 orang mahasiswa tersebut terbagi dalam dua tim, tim teknis dan non-teknis.

Tak hanya berasal dari Fakultas Teknik saja, hampir seluruh fakultas terlibat dalam keanggotaan  tim mobil UNY ini. Hal ini dimaksudkan agar semua disiplin ilmu yang ada di UNY dapat  bersinergi dan saling mendukung.

Mobil yang diberi nama Garuda F15 ini dirancang dapat mencapai kecepatan hingga 120 km/jam dengan 0 – 100 m dalam 4 detik. Untuk meningkatkan kemampuan akselerasi, kemampuan  engine ditingkatkan dari 40 HP menjadi 45 HP.

“Kami melakukan modifikasi ini berdasarkan pengalaman tahun kemarin saat berlaga di Korea selatan. Modifikasinya pun  banyak sekali. Target kami tahun ini bisa menang dalam minimal dua kategori perlombaan” kata Bondan.

GURT F15 sendiri menggunakan mesin 1 silinder 600 cc, pemilihan material dan komponen 80 persen bahan lokal dan mudah didapatkan. "Proses pembuatan mobil sampai saat ini baru saja dimulai, kami buat di workshop yang disediakan oleh Fakultas Teknik," Terang Bondan.

(Gst/Igw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.