Sukses

Pasar Stagnan, Kia Targetkan Jual 9 Ribu Mobil di Indonesia

Target ini tersebut tak jauh beda dengan pencapaian pabrikan di 2014 dengan 8.936 unit.

Liputan6.com, Jakarta - Meski pasar roda empat nasional diprediksi bakal stagnan tahun ini, PT Kia Mobil Indonesia (KMI) optimistis mampu meningkatkan penjualan. Dalam acara Gathering Media di kawasan Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, hari ini (18/2/2015), pabrikan yakin mampu menjual sebanyak 9.000 unit.

Dikatakan Direktur Marketing PT KMI, Hartanto Sukomono, target ini tersebut tak jauh beda dengan pencapaian pabrikan di 2014 dengan 8.936 unit.

"Sampai sejauh ini, kalangan bisnis masih banyak ketidakpastiannya. Pertama, suku bunga yang diturunkan dan kedua, exchange rate dolar Amerika. Bagi pengusaha, faktor dolar Amerika sangat memengaruhi," kata Hartanto.

Hartanto juga mengatakan bahwa faktor politik juga cukup memengaruhi. "Masalah politik juga masih belum clear sehingga masih banyak ketidakpastian di dunia usaha," imbuhnya.

Selain itu, pernyataan resmi Gabungan Industri Kendaraan Bermotor di Indonesia (Gaikondo) juga cukup mempengaruhi target penjualan Kia. Di mana, penjualan mobil nasional tahun 2015 tidak jauh berbeda dengan tahun lalu, yaitu kurang lebih 1,2 juta unit.

"Karena itu lah target penjualan Kia tidak jauh berbeda dengan tahun 2015. "Kita ngikut bapak (Gaikindo) saja," tutup Hartanto.

(Rio/Gst)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.