Sukses

Kia Sorento Jadi SUV Paling Aman di AS

Kia Sorento model tahun 2016 mendapat rating Top Safety Pick dari Insurance Institute for Highway Safety.

Liputan6.com, California - Kia Sorento untuk model tahun 2016 menjadi SUV dengan tingkat keamanan terbaik versi Insurance Institute for Highway Safety (IIHS). SUV dari negeri ginseng tersebut mendapat rating Top Safety Pick.

Melansir laman Leftlanenews, Senin (23/2/2015), Kia Sorento mendapat poin tertinggi di sebagian besar kategori kecelakaan yang diujikan oleh IIHS. Adapun SUV ini hanya gagal pada tes kecil saat mobil mengalami tumpang tindih.

Namun demikian, tes tumpang tindih pada Sorento 2016 menghasilkan intrusi yang lebih baik ketimbang versi 2014. Pada Kia Sorento VIN 2016, intusi yang ditimbulkan hanya 4 inci sedangkan VIN 2014 mencapai 11 inci.

Lebih lanjut, rendahnya angka intrusi pada Sorento 2016 menunjukkan risiko cidera yang diterima bakal lebih rendah ketika terjadi kecelakaan di dunia nyata.

Dari hasil pengujian IIHS,, airbag pada bagian sisi Sorento tidak menyebar dan panel setir pada Sorento bergeser ke kanan ketika mendapat benturan dari depan. Dampaknya, kepala dari boneka nyaris menyentuh airbag depan ketika mengalami benturan.

>>>Klik laman berikutnya

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Next

Gerakan yang dialami boneka dummy ini menunjukkan kemungkinan terjadinya cedera akan timbul pada kaki kiri meliputi lutut dan paha pada pengemudi saat terjadi kecelakaan yang sesungguhnya.

Selain Kia Sorento, mobil-mobil lain yang juga menerima Top Safety Pick dari IIHS antara lain Toyota Highlander, Chevrolet Equinox, GMC Terrain dan Nissan Pathfinder.

(Ysp/Gst)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.