Sukses

Kreator Mobil Sport Nissan Wafat Pada Usia 105 Tahun

Sepanjang hidup, Yutaka Katashima mendikasikannya untuk membangun mobil sport Nissan Z.

Liputan6.com, Tokyo - Penggila otomotif tentu mengenal tipe Z dari Nissan yang merupakan tipe dari mobil yang diproduksi dengan performa tinggi. Kabar duka datang dari pencipta tipe Z yaitu Yutaka Katashima yang wafat pada Kamis lalu.

Pria yang akrab disapa sebagai Mr. K ini menghembuskan nafas terakhirnya pada usia 105 tahun di sebuah rumah sakit di Tokyo, Jepang. Ia meninggal akibat mengalami gagal jantung, demikan dilansir dari Autoblog, Sabtu (21/2/2015).

Saat meninggal dunia, penggagas Datsun Z ini meninggalkan seorang istri, empat anak, 11 cucu, dan 18 cicit. Sebagai pencipta tipe Z, Katayama pun sangat dihormati dan disegani dalam komunitas pengguna mobil Z.

Katayama pensiun dari Nissan pada 1977 dan kemudian menjalankan hijrah ke Amerika Serikat untuk menjalankan sebuah divisi Nissan yang ada di negara tersebut. Sepanjang hidup, Mr. K mendikasikannya untuk membangun mobil sport Datsun Z atau yang kini menjadi Nissan Z.

Dijelaskan, dengan kecintaannya terhadap mobil serta semangat berpromosi, Katayama membangun merek Datsun dan juga memperkenalkan merek Nissan di negeri Paman Sam. Mr. K juga dilantik sebagai dewan museum Automotive Hall of Fame di Michigan.

>>>Klik laman berikutnya

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Keluarga Z terbaru

Pabrikan Jepang telah melansir beberapa bocoran seputar sportcar penerus 370 Z. Dinamai Z35, kendaraan ini siap menjadi penantang duo sportcar Jerman yakni BMW Z4 dan Audi TT. Rencananya, Z35 akan mengusung mesin yang serupa dengan Nissan Skyline 2,0 T saat ini.

Untuk mewujudkan hal tersebut, Nissan memanfaatkan kerjasamanya dengan produsen Eropa lain, Mercedes Benz. Kabarnya, mesin berkapasitas 2,0 liter milik Skyline tersebut merupakan ciptaan Mercedes Benz yang juga digunakan pada varian C-Class. Mesin itu sendiri sanggup menyemburkan daya sebesar 211 PS.

Bahkan, untuk Z35, Nissan pun turut menyiapkan opsi lain berupa mesin dengan kapasitas lebih besar. Mesin V6 berkapasitas 3,0 liter turbocharged yang lagi-lagi mencomot milik salah satu kendaraan Mercedes Benz yakni E400. Mesin tersebut kabarnya sanggup menyemburkan tenaga hingga 328,5 horse power (HP), lebih besar dari daya milik 370Z saat ini.

Bagi Mercedes sendiri, mesin tersebut diharapkan mampu bersaing dengan Porsche Targa, yang rencananya juga akan diluncurkan beberapa bulan ke depan. Tak hanya mengonsumsi bensin, versi ramah lingkungan dari kendaraan Nissan dan Mercedes ini juga rencananya akan ditetaskan dalam varian hibrida.

(Ysp/Gst)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini