Sukses

Investor Gugat Porsche Rp 27,8 T

Tahun lalu, sekitar dua puluh investor, termasuk hedge fund, mendaftarkan gugatan kepada Porsche sehubungan dengan usaha pengembilalihan VW.

Liputan6.com, Stuttgart - Tahun lalu, sekitar dua puluhan investor, termasuk hedge fund, mendaftarkan diri pada pengadilan untuk menggungat Porsche sehubungan dengan usaha pengambilalihan Volkswagen pada tahun 2008. Gugatan tersebut diperkirakan mencapai angka 1,4 miliar euro atau sekira Rp 27,8 triliun (Rp 19.878 per euro).

Proses pengadilan pun berjalan. Kemudian, Pengadilan Regional Stuttgart di akhir putusannya menolak gugatan investor tersebut.

Tidak mau menyerah, sekitar 19 orang penggungat coba melakukan banding atas putusan tersebut dan berharap masih akan mendapat kompensasi kerugian sebesar 1,2 miliar euro (Rp 23,8 triliun) dari Porsche.

Namun, menurut salah satu hakim, peluang untuk memenangkan gugatan tersebut cukup kecil karena beberapa alasan. "Gugatan atau banding tersebut tidak menjanjikan karena beberapa alasan," kata Gerhard Ruf, salah satu hakim seperti yang dilansir Autoblog, Jumat (27/2/2015).

Kasus ini berawal dari rencana pengambilalihan mayoritas saham VW pada tahun 2008. Sebelumnya, hedge fund telah lama mengincar Volkswagen, namun harga saham melonjak saat rencana Porsche terungkap.

Sejak saat itu, investor telah menggungat Porsche beberapa kali dalam upayanya untuk mendapatkan kembali uang miliaran euro. Namun, tidak ada tuntutan hukum yang berhasil, baik yang pernah dicoba di AS ataupun di Jerman.

(Rio/Gst)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini