Sukses

Meski Pakai Turbo, Konsumsi BBM Lexus NX 200t Diklaim Irit

Rencananya, ekspor tersebut bakal realisasi pada Juni 2015.

Liputan6.com, Jakarta - Lexus NX 200t menjadi mobil pertama Lexus yang mengguankan turbo. Meski berfungsi sebagai pendongkrak performa, pabrikan mengklaim adanya twin-turbo pada compact SUV ini justru tetap menjaga efisiensi bahan bakar.

"Model ini merupakan downsize turbo dengan sisi terbatas namun memiliki torsi tinggi yang setara dengan mobil berkapasitas 3.500 cc," ujar Takeaki Kato, Chief Engineer Lexus NX di Lexus Gallery Indonesia, Senin (2/3/2015).

Kato menguraikan, konsumsi bahan bakar untuk Lexus NX 200t bisa mencapai 12,5 kilometer/liter. Ini jauh lebih irit jika dibandingkan dengan mobil bermesin 3,5 liter yang hanya menembus 10 kilometer/liter bahkan lebih boros.

"Di Toyota banyak memiliki teknologi tentang turbo, karena kami sangat perhatikan efisiensi," ujar Kato.

Adapun, Kato menurutkan bahwa proses pengembangkan Lexus NX sudah dimulai pada tahun 2009. Dalam kurun waktu tersebut, divisi mobil mewah Toyota ini memerlukan 1 tahun untuk studi dan 4 tahun pengembangan.

"Kami agak lama karena mengembangkan engine baru," jelas Kato.


* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.