Sukses

5 Hajatan Otomotif Terakbar di Dunia

Berikut adalah 5 pameran otomotif terbesar di dunia.

Liputan6.com, Tokyo - Pada 3-15 Maret ini, salah satu pameran otomotif terbesar di dunia diselenggarakan di Jenewa, Swiss. Pameran yang bertajuk Geneva Motor Show ini merupakan penyelenggaraan yang keke-85 tahun.

Bagi pabrikan mobil, pameran otomotif, baik yang bertaraf internasional maupun nasional, adalah ajang yang penting bagi kelangsungan produk mereka di pasaran. Karena itu, pabrikan mobil selalu menyiapkan keikutsertaannya dengan sebaik mungkin.

Selain Geneva Motor Show, tercatat ada beberapa pameran otomotif lain yang juga berskala dunia. Bahkan, ada yang memiliki skala yang lebih besar dari Geneva Motor Show, baik dalam hal keikutsertaan pabrikan hingga jumlah pengunjung.

Apa saja pameran-pameran tersebut? Berikut ulasannya seperti yang dilansir Cheatsheet, Jumat (6/3/2015).

Tokyo Motor Show

Tokyo Motor Show adalah pameran otomotif tahunan yang diselenggarakan tiap Oktober hingga November di Tokyo Big Sight, Tokyo. Bukan hanya mobil, pada pameran ini penyelenggara juga menghadirkan sepeda motor.

Sejarah pameran motor ini sudah cukup panjang. Ia pertama kali diselenggarakan pada tahun 1954 oleh Japan Automobile Manufacturers Association (JAMA) dan dimeriahkan oleh 267 kendaraan dan berhasil menghadirkan 547 pengunjung dalam 10 hari lebih.

>> Klik halaman selanjutnya

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

North American International Auto Show

North American International Auto Show

North American International Auto Show (NAIAS) adalah pameran otomotif tahunan yang diselenggarakan tiap Januari di wilayah Detroit, Michigan. NAIAS diklaim sebagai pameran otomotif terbesar di Amerika Utara.

Melihat sejarahnya, NAIAS memiliki cikal bakal dari Detroit Auto Show yang pertama kali digelar pada tahun 1907. Pada tahun 1989, pameran mobil di Detroit resmi mengganti nama menjadi North American International Auto Show setelah sejak tahun 1987 memiliki nama North Amerika Auto Show.

>> Klik halaman selanjutnya

3 dari 5 halaman

Geneva Motor Show

Geneva Motor Show

Pameran otomotif yang sedang berlangsung saat ini, Geneva Motor Show, juga termasuk dalam 5 besar pameran terbesar di dunia. Pameran yang dilaksanakan di Geneva Palexpo convention centre di wilayah Geneva Cointrin International Airport ini diorganisir oleh Organisation Internationale des Constructeurs d'Automobiles.

Geneva Motor Show sebenarnya pertama kali diselenggarakan tahun 1905. Tetapi pada tahun ini, GMS dianggap memasuki tahunnya yang ke-85 yang artinya pameran pertama kali secara resmi diselenggarakan tahun 1930.

>> Klik halaman selanjutnya

4 dari 5 halaman

Paris Motor Show

Paris Motor Show

Paris Motor Show atau yang dalam bahasa Perancis disebut dengan Mondial de l'Automobile adalah pameran otomotif tahunan yang diselenggarakan di Paris tiap bulan Oktober. Organisation Internationale des Constructeurs d'Automobiles adalah pihak yang bertanggung jawab untuk menyelenggarakan acara ini.

Menariknya, Paris Motor Show ternyata merupakan pameran otomotif pertama di dunia, yang pertama kali terselenggara tahun 1898 dan baru menjadi acara reguler sejak tahun 1976.

>> Klik halaman selanjutnya

5 dari 5 halaman

International Motor Show

International Motor Show

International Motor Show atau yang juga dikenal sebagai International Motor Show Germany adalah pameran otomotif tahunan terbesar di dunia. Pameran ini diorganisir oleh Verband der Automobilindustrie (VDA – Asosiasi Industri Otomotif Jerman) dan sejak tahun 1991 selalu diselenggarakan di kota Hanover.

Acara ini pertama kali diselenggarakan tahun 1897. Saat itu pameran hanya menampilkan 8 unit motor saja. Pada penyelenggaraan terakhirnya tahun 2014, International Motor Show menampilkan 2066 kendaraan dan hadirkan lebih dari 250 ribu pengunjung.

(rio/gst)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini