Sukses

Diisukan Garap Mobil Facebook, Ini Komentar Zuckerberg

Pendiri Facebook berkomentar soal rencana perusahaan untuk menggarap mobil.

Liputan6.com, California - Setelah rumor terkait mobil besutan raksasa teknologi seperti Google dan Apple mencuat di jagat maya, sejumlah pihak pun percaya jika rencana itu bakal diikuti platform jejaring sosial, Facebook.

Saat berbicara di ajang Mobil World Congress di Barcelona, pendiri Facebook, Mark Zuckerberg secara tidak langsung memberikan indikasi bahwa perusahaannya memiliki rencana untuk mengikuti Google dan Apple yang masuk ke industri otomotif.

"Kami pastinya selalu melakukan studi," kata Zuckerberg tanpa mengucapkan secara gamblang rencana untuk mobil Facebook di masa mendatang. Demikian dilansir dari Jalopnik, Senin (9/3/2015).

"Kami fokus sebagai perusahaan. Misi kami adalah membantu semua orang di dunia untuk terhubung. Saya pikir, cukup luas, dan kami punya fokus pada segala sesuatu yang menguatkan tujuan perusahaan," imbuh dia.

>>>Klik laman berikutnya

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Mobil Google

Seperti diketahui, Google lebih dahulu membeberkan kepada publik bahwa mereka tengah mengembangkan mobil otonomos atau tanpa sopir.

Perusahaan pencarian asal California ini telah memiliki purwarupa edisi ke-2 yang dibangun menggunakan bumper berbahan lembut, kaca depan yang fleksibel untuk mengurangi risiko ketika terjadi kecelakaan atau meyenggol pejalan kaki.

Secara teknis, mobil menggunakan kombinasi sensor laser dan radar yang terintegrasi dengan kamera yang telah diprogram untuk bisa berbelok dan melakukan pengereman secara otomatis. Sejauh ini mobil bekerja berdasarkan data pada layanan pemetaan Google.

Mobil yang dibuat sebanyak 100 unit dalam bentuk purwarupa itu mengemas mesin elektrik dengan kecepatan maksimum 40 km/jam.

>>>Klik laman berikutnya

3 dari 3 halaman

Mobil Apple

Sementara itu, rumor pengembangan mobil pintar Apple pertama kali dihembuskan oleh seorang sumber kepada Wall Street Journal. Sang sumber melaporkan bahwa Apple telah mempekerjakan ratusan karyawan baru dari industri otomotif. Salah satu 'karyawan' baru Apple yang terlibat dalam proyek rahasia itu adalah Johann Jungwirth, mantan CEO Mercedes-Benz Research & Development.

Disebutkan pula bahwa proyek ini diberi kode nama 'Titan', serta mobil pintar Apple akan berdesain minivan.

Sumber Wall Street Journal mengatakan bahwa mobil pintar Apple bukanlah jenis mobil self-driving seperti yang sejak beberap tahun kemarin dikembangkan Google. Apple disebutkan lebih tertarik untuk mengembangkan mobil bertenaga listrik tanpa BBM seperti yang telah dirilis oleh Tesla Motors.

Namun informasi tersebut dibantah oleh sumber lain yang berbicara kepada Reuters. Menurut sumber Reuters, mobil pintar Apple adalah jenis mobil self-driving canggih persis seperti Google.

(gst/ian)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini