Sukses

TOP 5: Petani Ciptakan Robot dari Rongsokan Mobil Bikin Penasaran

Kisah petani membuat robot dari rongsokan mobil menarik perhatian pembaca Liputan6.com.

Liputan6.com, Jakarta - Kisah sepasang ayah dan anak asal Hengyang, Tiongkok, bersama-sama menghabiskan beberapa tahun terakhir untuk membuat robot Transformers layaknya dalam film berhasil menarik perhatian pembaca Liputan6.com.

Selain itu ada beberapa informasi lainnya yang menuai perhatian pembaca setia Liputan6.com, seperti 5 mobil balap paling unik di dunia, kencan singkat dengan Yamaha Jupiter MX 150, cara Honda tarik mobil yang bermasalah hingga Suzuki Address yang tampil di Osaka, Jepang.

Berikut daftar top 5 artikel otomotif.liputan6.com pada Selasa (17/3/2015):

1. Petani Ini Ciptakan Robot Miliaran Rupiah dari Rongsokan Mobil
Sepasang ayah dan anak asal Hengyang, Tiongkok, bersama-sama menghabiskan beberapa tahun terakhir untuk membuat robot Transformers layaknya dalam film. Tokoh yang mereka buat di antaranya adalah Bumble Bee dan Optimus Prime.

Melansir Daily Mail pada Selasa (17/3/2015), petani kecil bernama Yu Zhilin dan putranya Yu Lingyun awalnya membangun robot tersebut menggunakan sparepart mobil bekas mereka.

Kisah anak dan bapak ini kemudian menjadi viral setelah mereka berhasil menjual mesin logam tersebut seharga US$ 159.727 atau sekira Rp 2,1 miliar (Kurs: Rp 13.199/US$). Pada gambar di atas, ayah dan anak ini berpose di depan karya mereka yang dibangun dalam skala mirip seperti pada film.

2. Intip 5 Mobil Balap Paling Unik Sejagat
 Mobil balap diproduksi dengan satu tujuan: memenangkan perlombaan. Karena itu, segala fitur-fitur lain biasanya dibuat hanya untuk menopang tujuan tersebut. Bahkan terkadang, para perancang mobil balap justru melupakan aspek estetika.

Estetika atau kecantikan mobil biasanya tidak terlalu diperhatikan pada mobil balap. Tetapi, tidak demikian dengan empat mobil di bawah ini. Empat mobil ini dapat dikatakan mewakili kombinasi antara kecepatan untuk memenangkan perlombaan dengan estetika. Tidak jarang, mobil-mobil ini juga berbentuk cukup unik.

3. Kencan Singkat dengan "Raja Jalanan" Yamaha
Beberapa waktu lalu, Liputan6.com dan sejumlah awak media lainnya mendapat kesempatan dari Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) untuk merasakan performa motor berjuluk "King of Street" tersebut di Sirkuit Karting Sentul, Kabupaten Bogor, Jawa Barat pada 12 Maret 2015.

Pabrikan berlambang garpu tala itu memberikan kesempatan kepada setiap media sebanyak tiga putaran di sirkuit sepanjang 1,2 kilometer itu. Sebagai standar keamanan dan keselamatan berkendara, Yamaha mewajibkan setiap peserta test ride untuk mengenakan safety gear berupa jaket, helm, sarung tangan, pelindung sikut dan lutut.

4. Begini Cara Kreatif Honda untuk Tarik Mobil yang Bermasalah
 Salah satu masalah terbesar dalam penarikan kembali atau recalls produk otomotif adalah para pemilik kendaraan bermotor akan berbohong telah melakukan perbaikan secara mandiri. Hal yang sama berlaku bagi produk otomotif yang cukup sering ditarik, mobil.

Melansir Autoblog pada Senin (16/3/3015), perusahaan asal Jepang ini meluncurkan kampanye iklan seharga jutaan dolar. Target spesifik iklan ini adalah pemilik kendaraan yang disinyalir terkena masalah airbag yang sebelumnya bahkan membuat presiden Honda mengundurkan diri.

5. Suzuki Address Mejeng Bareng GSX-RR MotoGP di Osaka
Suzuki resmi mengonfirmasi keikutsertaannya dalam ajang Osaka Motorcycle Show dan Tokyo Motorcycle Show. Sebagai kesiapannya menyambut dua ajang otomotif akbar roda dua Jepang, Suzuki dilaporkan bakal memboyong lini model terkini yang dimiliki.

Melansir laman ResponseJP, Selasa (17/3/2015), untuk kedua ajang akbar itu, Suzuki memilih tema sport pada stan yang mereka buka. Sesuai tema yang dipilih, pabrikan berlogo huruf 'S' ini kabarnya juga akan memperkenalkan GSX-RR yang akan berlaga di ajang MotoGP musim depan semenjak absen selama empat musim.

(ian/sts)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.