Sukses

Cikal Bakal Mobil Listrik BMW Sudah Ada Sejak 1972

Mobil listrik BMW dengan tipe 1602e ini pun diperkenalkan secara spesial bertepatan dengan Olimpiade Munich.

Liputan6.com, Munich - Banyak pihak yang terkejut saat BMW memiliki wacana menciptakan mobil hibrida atau mobil listrik di awal 2000-an. Namun demikian, BMW sebenarnya telah mulai menciptakan mobil listrik pada 1972.

Kala itu, para insinyur BMW bereksperimen dengan segala macam hal termasuk kendaraan dengan sumber tenaga yang berasal dari baterai. Pengembangan mobil listrik itu tidak dapat banyak berkembang mengingat teknologi yang terbatas dan belum memiliki teknologi baterai lithium ion.

Melansir laman Autoevolution, Jumat (20/3/2015), mobil dengan tipe 1602e ini pun diperkenalkan secara spesial bertepatan dengan Olimpiade Munich. Mobil listrik ala BMW ini mengambil basis model 1600 yang diperkenalkan pertama kali pada 1964 dan menjadi salah satu mobil terlaris pabrikan yang berbasis di Munich tersebut.

Alasan BMW mengembangkan mobil listrik yaitu karena adanya krisis minyak dan tingkat polusi yang meningkat pada 1970-an. Oleh karena itu, pabrikan mulai melakukan riset kendaraan yang tidak menggunakan bahan bakar konvensional.

1602e ini memiliki baterai asam timbal 12V di balik kapnya yang memiliki bobot 350 kilogram. Jarak tempuhnya diklaim mencapai 60 km.

Karena dianggap masih belum efisien, BMW pun memutuskan mobil listrik yang diciptakan itu tidak diproduksi secara massal. BMW pun menggunakan 1602e sebagai mobil kamera dan sarana transportasi untuk panitia selama Olimpiade dilangsungkan.

(ysp/ian)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Mobil listrik, mobil yang digerakkan dengan motor listrik,pakai energi listrik yang disimpan dalam baterai atau tempat penyimpan energi lain

    Mobil Listrik

  • BMW

Video Terkini