Sukses

Ini Komponen New Terios yang Masih Diimpor

Untuk melokalkan komponen butuh volume produksi mencapai 1 juta unit.

Liputan6.com, Jakarta - New Terios menjadi salah satu lini model PT Astra Daihatsu Motor (ADM) yang diproduksi di Indonesia. Adapun kandungan lokalnya mencapai lebih dari 85 persen.

Namun demikian, sekitar 15 persen kandungan SUV medium ini nyatanya masih menggunakan komponen impor. Apa saja?

Dijelaskan Pradipto Sugondo, Executive Officer R&D PT ADM, komponen New Terios yang masih diimpor yaitu komponen mesin dan transmisi.

"Transmisi telah dirakit di sini, namun komponennya masih berasal dari Jepang. Untuk melokalkan komponen butuh volume produksi mencapai 1 juta unit," ungkapnya saat peluncuran New Terios baru-baru ini.

Lebih lanjut, Pradipto pun mengungkapkan jika di Jepang sendiri sebagai salah satu negara dengan industri otomotif terbesar hanya memiliki empat manufaktur yang memproduksi transmisi ke pabrikan-pabrikan kendaraan yang ada di negara tersebut. Bahkan, ia pun tak memungkiri jika baut yang digunakan pada New Terios pun ada juga yang diimpor.

"Jangan sangka baut itu sepele, karena ada sebagian baut yang memang hanya dapat dibuka dengan alat khusus jadi belum kita lokalkan," tandasnya.

(ysp/ian)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini