Sukses

Di Kota Ini, Robot Polantas Lebih Dihormati

Di kota Kinshasa, Kongo, polisi manusia telah digantikan oleh robot polisi.

Liputan6.com, Kinshasa - Beragam inovasi dilakukan untuk menertibkan kendaraan di jalan raya. Salah satu yang menarik ada di kota Kinshasa, Ibu Kota Republik Demokratik Kongo. Di kota, polisi manusia telah digantikan oleh robot polisi.

Melansir Carcrushing pada Senin (23/3/2015), robot polisi ini mampu berputar. Ia memiliki lampu merah dan kuning pada tubuhnya, serta lampu hijau di tangannya. Tidak lupa, robot polisi ini juga dilengkapi dengan topi kecil dan kacamata hitam yang membuatnya lebih berwibawa.

Robot bertenaga surya ini dilengkapi oleh kamera yang mampu menyediakan live feed kondisi lalu lintas ke pusat komando.

Menurut penuturan salah satu sopir taksi, robot polisi ini justru lebih dipatuhi daripada polisi manusia ataupun lampu lalu lintas biasa. "Ada beberapa pengemudi yang tidak menghormati polantas. Tetapi mereka justru menghormati robot polisi," katanya.

Dirancang oleh tim Women's Teknology, dua robot polisi telah beroperasi sejak thun 2013. Lima lainnya akan segera menyusul dan 30 lagi masih dalam proses pertimbangan.

Berikut videonya:

 (rio/ian)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini