Sukses

Tiga Motor Lawas Paling Dicari di Indonesia

Justru karena bandel, harganya makin tinggi. Ini dia motor lawas buruan masyarakat Indonesia sampai sekarang.

Liputan6.com, Jakarta - Sepeda motor kini menjadi salah satu alat transportasi favorit masyarakat di kota-kota besar di Indonesia. Selain dianggap praktis, motor juga bisa membuat pengeluaran jadi lebih efisien.

Seiring berjalannya waktu, tingginya kebutuhan akan kendaraan bermotor roda dua membuat pabrikan terpacu untuk menawarkan model-model baru dan praktis membuat harga jual model lawas terjun bebas.

Meskipun begitu, sebagian sepeda motor model lawas nyatanya masih memiliki harga yang cukup bagus, bahkan semakin tinggi seiring waktu.

Fenomena ini terjadi karena sepeda motor tersebut menjadi favorit banyak kalangan. Desain yang tak lekang waktu serta performanya yang tetap bandel meskipun telah berumur menjadi alasan utama motor lawas ini selalu menjadi buruan para kolektor. Ingin tahu apa saja sepeda motor lawas dengan harga yang tinggi? berikut ini ulasannya yang berhasil dirangkum Liputan6.com:

1. Yamaha RX King

Sejak hadir di Indonesia pada 1980-an, Yamaha RX King menjadi salah satu tunggangan idola para biker. Meskipun sudah tidak lagi diproduksi, sepeda motor dari segmen sport ini nyatanya masih banyak diburu sehingga membuat harganya tetap tinggi.

Menurut Muhammad Haris, mekanik dari Aris Motor, RX King masih banyak diburu karena selain karena tarikannya yang mantap. Kemudian, perawatannya terbilang mudah.

"Meskipun itungannya motor lama, hampir semua bengkel bisa memperbaiki RX King kalau terjadi kerusakan," ujar pria berkumis tersebut saat berbincang pada Liputan6.com beberapa waktu lalu.

Dijelaskan, suku cadang dari sepeda motor bermesin dua tak ini juga masih gampang dicari. Tak hanya yang asli, bahkan suku cadang imitasi bagi pemilik RX King berkantong tipis pun masih banyak ditemui di pasaran.

"Para pembeli atau pemilik RX King saat ini kebanyakan terdiri dari para penghobi. Biasanya, pembeli mencari RX King yang kondisinya masih orisinil baik bodi atau mesin," pungkasnya.

Klik halaman selanjutnya >>>>

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Next..

2. Honda CB 100

Selain RX King, sepeda motor sport lawas lainnya dengan harga yang terbilang lumayan tinggi pada saat ini adalah Honda CB 100. Sepeda motor berlogo sayap mengepak ini banyak diburu karena mesinnya yang bandel meskipun sudah cukup berumur.

Dikatakan Gunar, seorang pemilik Honda CB 100, sepeda motor ini meskipun sudah tua tetapi modelnya tidak ketinggalan jaman. Selain itu, ia menilai jika motor ini juga irit bahan bakar saat dipakai untuk touring jarak jauh.

"Pakai CB itu enak soalnya gampang dirawat. Spare part motor ini juga gak terlalu sulit dicari dan kadang juga masih ada yang jual di pasar loak," ungkap pria asal kota Batu, Malang, saat dihubungi Liputan6.com.

Tentu saja, kondisi sepeda motor sangat mempengaruhi harga jual kembali. Gunar pun mengungkapkan jika CB 100 dengan kondisi terawat bisa dijual pemiliknya dengan harga yang cukup tinggi.

Klik halaman selanjutnya >>>>

3 dari 3 halaman

Next..


3. Vespa

Motor lawas terakhir yang dibanderol lumayan tinggi untuk saat ini adalah Vespa. Skuter asal Italia ini banyak digemari karena sejarahnya yakni pertama kali dibuat dari onderdil pesawat terbang.

Dikatakan Iskandar, seorang penggila Vespa, Meskipun tergolong motor lawas, Vespa memiliki perawatan yang cukup mudah bahkan ketimbang sepeda motor buatan Jepang yang ada sekarang. Suku cadang skuter lawas ini pun menurutnya masih gampang dicari.

"Vespa sparepart-nya gampang dicari, di sentra aksesoris dan suku cadang seperti di Otista, Jakarta Timur pun masih banyak yang menjualnya," ujarnya saat berbincang dengan Liputan6.com.

Lebih lanjut, Iskandar memaparkan jika harga skuter ini makin tinggi dilihat dari usia. Semakin tua usia Vespa tersebut maka akan semakin tinggi tentunya dengan kondisi yang tetap orisinal.

Namun begitu, ia juga menyayangkan jika banyak pemilik Vespa pada saat ini yang kurang merawat tunggangannya tersebut. Akibatnya, banyak Vespa jadi rentan rusak dan kerap mogok saat di jalan.

(ysp/sts)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini