Sukses

Sejumlah Pabrikan Mobil Usut Tuduhan Televisi Tiongkok

Pabrikan mobil seperti VW, Nissan Motor dan Mercedes Benz sedang menyelidiki tuduhan stasiun TV milik Tiongkok atas kinerja mereka.

Liputan6.com, Jakarta Pabrikan mobil seperti Volkswagen AG, Nissan Motor Co. dan Mercedes Benz sedang menyelidiki tuduhan stasiun TV milik Tiongkok, China Central Television (CCTV), perihal kegiatan operasional mereka. Acara berjudul "3.15" ini menganggap bahwa pabrikan otomotif tersebut melakukan pelayanan dan penjuan suku cadang secara berlebihan.

Melansir 4WheelsNews pada Selasa (24/3/2015), laporan tersebut dianggap dapat merusak citra perusahaan dan pada akhirnya mempengaruhi penjualan. Karena itu pabrikan otomotif tertuduh melakukan beberapa cara untuk mengatasinya.

Volkswagen misalnya, mereka, melalui juru bicaranya Larissa Braunn, meminta maaf secara terbuka atas ketidaknyamanan ini kepada para pelanggannya. Sedangkan Nissan membentuk tim khusus untuk menyelidiki tuduhan dan berjanji akan meningkatkan regulasi bagi tim pelayanan.



Selain itu, Mercedes mengumumkan untuk melakukan penyelidikan dan mendesak dealer untuk memperbaiki perilaku mereka. Sementara itu, Mercedes Benz dan Jaguar Land Rover saat ini sedang diperika oleh pihak berwenang Tiongkok atas tuduhan perilaku anti-kompetitif.

Sebagai informasi tambahan, acara 3.15 khusus ditayangkan untuk memperingati Hari Hak Konsumen di Tiongkok. Salah satu metode yang mereka lakukan adalah melakukan sambungan telepon ke pihak dealer dan kemudian menyiarkannya secara live ke seluruh negeri.

(rio/ian)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini