Sukses

Tiga Pabrik Mobil Baru yang Bakal Diresmikan di Indonesia

Pabrik baru yang didirikan oleh para ATPM bertujuan untuk mendongkrak angka produksi.

Liputan6.com, Jakarta - Seiring membaiknya kondisi perekonomian di Indonesia mendorong jumlah permintaan kendaraan terus bertambah. Untuk mengantisipasi permintaan kendaraan yang meningkat, para Agen Pemegang Merek (APM) pun mengambil langkah dengan membuka pabrik baru yang bertujuan untuk mendongkrak jumlah produksinya.

Saat ini, sejumlah APM yaitu Toyota, Suzuki, dan Isuzu dikabarkan sedang membangun manufaktur baru. Pabrik baru tersebut bakal diresmikan pada tahun ini dan tahun depan.

Untuk mendirikan pabrik baru, ATPM harus mengucurkan dana hingga triliunan rupiah. Untuk lebih lengkapnya, berikut ini uraian singkat mengenai pabrik-pabrik baru yang bakal diresmikan APM yang berhasil dihimpun Liputan6.com:

1. Pabrik Isuzu Astra Motor Indonesia - Karawang

Isuzu akan segera mengoperasikan pabrik baru mereka di wilayah Karawang, Jawa Barat pada April mendatang. Pabrik tersebut menurut rencana akan digunakan untuk memproduksi model kendaraan light dan medium truck.

Adapun pabrik Isuzu yang akan diresmikan itu menghabiskan dana investasi sebesar Rp 1,7 triliun. Isuzu pun dilaporkan bakal mengalihkan seluruh operasional pabriknya di Pondok Ungu, Bekasi ke pabrik Karawang.

Pabrik Karawang nantinya mampu memproduksi hingga 55 ribu unit kendaraan per tahun dengan kapasitas maksimal sekitar 80 ribu unit per tahun.

Klik halaman selanjutnya >>>

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Next

2. Pabrik Suzuki Indomobil Sales - Bekasi

PT Suzuki Indomobil Sales tengah membangun pabrik mobil teranyar di kawasan GIIC Cikarang, Bekasi, Jawa Barat. Pabrik baru ini memiliki luas 130,7 hektar (HA) dengan total investasi yang telah digelontorkan mencapai US$ 1 miliar atau sekitar Rp 13 triliun.

Pabrik yang sedang didirikan oleh Suzuki ini ditujukan untuk meningkatkan kapasitas produksi perusahaan dan diperkirakan akan beroperasi pada tahun ini.

Klik halaman selanjutnya >>>

3 dari 3 halaman

Next

3. Pabrik Mesin Toyota Motor Manufacturing Indonesia - Karawang

Tak hanya memproduksi kendaraan, Toyota juga juga memproduksi mesin di Indonesia melalui PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN). Peletakan batu pertama pabrik mesin tersebut dilakukan pada Selasa (25/2/2014).

Pabrik mesin kedua PT TMMIN ini berlokasi di di kawasan industri Karawang Jabar Industrial Estate (KJIE), Jawa Barat dengan menempati lahan seluas 150 hektare (ha). Nilai investasi yang dikucurkan untuk membangun pabrik tersebut mencapai Rp 2,3 triliun dan ditargetkan dapat mulai beroperasi pada semester pertama 2016.

Dijelaskan, pabrik yang sedang didirikan ini akan memproduksi 216 ribu unit mesin per tahun, yang memiliki kandungan lokal mencapai 80 persen. Pabrik ini didesain ramah lingkungan dan modern dengan menggunakan konsep through line yang menyatukan 3 proses dalam pembuatan mesin yaitu casting atau pengecoran, machining dan assembling (perakitan) di dalam satu tempat.

(ysp/ian)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini