Sukses

Mobil Anti BBM BMW Mejeng di Bangkok

Di samping memamerkan i8 dan i3, BMW memajang sebuah peranti pengisian baterai mobil listrik.

Liputan6.com, Bangkok - Hajatan Bangkok International Motor Show Edisi 2015 dimanfaatkan pabrikan Jerman, BMW, untuk memperkenalkan mobil anti BBM, i3. City car bermotor listrik ini turut disandingkan dengan i-series lainnya, i8.

Pantauan Liputan6.com di Compact Challenger Muang Thong Thani, Bangkok, Thailand, BMW i3 cukup menuai perhatian pengunjung. BMW turut menyediakan area khusus untuk menjawab penasaran pengunjung soal mobil listrik. Di samping memamerkan i8 dan i3, BMW memajang sebuah peranti pengisian baterai mobil listrik.

BMW i3 merupakan mobil urban lima pintu yang masuk dalam bagian "Project i". Dikatakan, mobil ini merupakan mobil BMW tanpa esmisi pertama.

Mobil yang dirancang oleh Richard Kim dan dirakit di Leipzig, Jerman ini mengemas mesin 25 kW 647 cc. Untuk motor listriknya berdaya 130 kW atau setara 170 horse power (hp) yang dikawinkan dengan transmisi single speed. Untuk sumber tenaga, BMW i8 menggunakan baterai berjenis lithium-ion berkapasitas 18,8 kWh.

Sekadar informasi, BMW i3 pertama kali dijual di pasar Eropa pada 2013. Kala itu pabrikan Jerman menggelar sebuah acara seremoni di Munich pada 15 November 2015. Pada pertengahan Januari 2014, BMW dilaporkan telah menghimpun 11 ribu pesanan dari seluruh dunia. Hingga akhir tahun lalu, BMW telah menjual sebanyak 16.052 unit.

Di kawasan Asia Pasifik sendiri, BMW mulai memasarkan di Korea Selatan. Di Negeri Gingseng i3 dijual mulai April 2014 dan di Singapura akhir tahun lalu.

(gst/ian) 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini