Sukses

Bengkel Cat Duco Pinggir Jalan, Opsi Murah Hilangkan Lecet Mobil

Pemilik mobil dengan kantong terbatas memilih untuk mengecat di bengkel cat duco yang banyak dijumpai di pinggir jalan.

Liputan6.com, Jakarta - Para pemilik mobil tentu merasa jengkel dan kesal saat mendapati mobilnya terdapat goresan baik pada bodi ataupun bumper. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, sebagian di antara pemilik membawa mobilnya ke bengkel resmi untuk mengecat bagian yang lecet yang sudah tentu akan dikenai biaya perbaikan yang cukup mahal.

Namun bagi pemilik mobil dengan kantong terbatas, mereka memilih untuk mengecat di bengkel cat duco yang banyak dijumpai di pinggir jalan. Bengkel-bengkel kaki lima ini banyak kita temui di sepanjang Salemba sampai Kramat serta kawasan Rawa Mangun.

Alasan yang mendasari para pemilik mobil memilih bengkel cat duco pinggir jalan biasanya selain harganya yang lebih ekonomis, proses perbaikannya pun hanya membutuhkan waktu singkat.

Awak Liputan6.com pun coba mengonfirmasi kepada Auto2000 Sunter menyoal biaya pengecatan bagi mobil yang mengalami lecet pada bumper atau bodi. Untuk harga pengecatan satu titik atau spot repair, Auto2000 mengenakan biaya Rp 544,5 ribu, sedangkan untuk mengecat satu panel biayanya Rp 774,4 ribu.

"Itu sih bisa dicopot sebenarnya, kalau kondisnya memungkinkan dan tidak parah prosesnya bisa 1-2 hari. Mobilnya dibawa untuk contoh warnanya," ujar Eko Krisdianto, Service Advisor Auto2000 Sunter.

Klik halaman selanjutnya >>>

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Next

Bengkel Cat Duco Rawamangun

Untuk membandingkannya, Awak Liputan6.com pun sempat berbincang dengan salah satu bengkel las ketok dan cat duco di bilangan Jalan Alu-Alu, Rawamangun, Jakarta Timur. Bengkel kaki lima bernama Fadil ini menawarkan jasa perbaikan ringan pada bodi kendaraan.

"Untuk ngecat per titik biayanya Rp 300 ribu, tetapi kalau mau sekalian ngecat satu panel biayanya Rp 700 ribu," ujar Jay, pekerja dari bengkel cat duco Fadil di kawasan Rawa Mangun saat berbincang dengan awak Liputan6.com.

Selain menerima jasa cat mobil, Jay pun mengerjakan perbaikan bodi yang penyok. Untuk proses perbaikan bodi, Jay menggunakan cara las vakum atau juga diketok.

"Kalau bodi mobil yang penyok dilihat pipanya, bisa divakum atau diketok. Biayanya Rp 700 ribu, sudah termasuk ngecat," beber Jay.

Lebih lanjut, jay pun memaparkan jika ia juga melayani pengecatan mobil untuk full bodi. Adapun tarif yang dikenakan bagi pemilik mobil berkisar antara Rp 3,5 sampai 4 juta.

Jay menjelaskan jika cat yang digunakannya merupakan cat bermerek terkenal seperti Nippon Paint, Danagloss, dan Autobright. Sayangnya, harga perbaikan yang dipatok oleh Jay ini tidak dapat ditawar oleh calon konsumen yang akan menggunakan jasanya.

"Untuk mengecat full body memakan waktu seminggu karena prosesnya banyak. Ongkosnya mahal karena kita juga nyari cat yang orisinil, bukan yang abal-abal," jelas Jay.

Ia pun menjelaskan, proses pengecatan untuk satu titik lecet seperti pada sudut bumper mobil biasanya memakan waktu kurang dari satu jam. Untuk lokasi pengecatannya sendiri, ia langsung melakukannya di pinggir jalan tempatnya mangkal.

Klik halaman selanjutnya >>>

3 dari 3 halaman

Next

Bengkel Las Ketok dan Cat Duco Salemba

Lain halnya dengan bengkel cat duco di daerah Rawa Mangun, untuk bengkel cat duco yang berada di kawasan Salemba melakukan pengecatan tidak di pinggir jalan melainkan di kawasan perumahan yang masih terdapat didaerah Kramat.

"Kita menggarapnya di dalam, bengkelnya pakai atap jadi jangan khawatir kalau cuaca hujan," ujar Iwan, salah seorang pekerja las ketok dan cat duco di depan Kampus UI Salemba.

Untuk ongkosnya sendiri, Iwan mematok harga Rp 450 ribu untuk pengecatan satu panel seperti bumper. Pengerjaannya diperkirakan memakan waktu sedikit lebih lama yaitu antara 2-3 jam.

Iwan pun melayani jasa untuk memperbaiki bodi mobil yang penyok serta mengecat full body. Untuk biaya perbaikan penyok mobil berikut pengecatan, Iwan mematok harga Rp 1,5 juta.

"Kalau mau cat mobil full body juga bisa, biayanya Rp 3 juta. Tetapi kalau mobilnya sudah banyak dempul, ongkosnya jadi Rp 4 juta," jelasnya.

Selain menerima order mengecat mobil, Iwan juga menerima konsumen kendaraan roda dua yang ingin melakukan pengecatan. Perkara biaya pun tentunya lebih murah dari mengecat mobil.

"Kalau mau mengecat motor ongkosnya antara Rp 150 sampai 200 ribu buat satu panel, harga perbaikan di kita juga bisa nego," pungkasnya.

                                          Cat satu titik                       Cat satu panel                    Waktu pengerjaan
Bengkel Resmi                    Rp 544,5 ribu                          Rp 774,4 ribu                                1-2 hari
Bengkel Kaki Lima       Rp 300 - 450 ribu (nego)      Rp 450 - 700 ribu (nego)                           1-3 jam

(ysp/gst)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini