Sukses

Ini 3 Truk Legendaris di Indonesia

Berikut adalah 3 truk legendaris yang ada di Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta Truk adalah salah satu jenis kendaraan bermotor yang sangat berguna, terutama dalam hal angkut-mengangkut barang. Karena itu, truk juga cukup menjadi perhatian para pabrikan otomotif sebagai sumber keuntungan.

Menurut data terakhir dari Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), penjualan truk terbanyak sampai saat ini masih ditempati oleh segmen truk ringan yang mencapai angka 6.751 unit. Sementara itu, pada posisi kedua dan ketiga ditempati masing-masing oleh truk medium dan truk berat.

Dari angka tersebut, Mitsubishi, Hino, dan Isuzu berhasil mendominasi pasar. Pada posisi pertama ada Mitsubishi yang berhasil kuasai 49,5 persen total penjualan atau setara dengan 3.929 unit. Posisi kedua ditempati oleh Hino yang kuasai 22,2 persen dan Isuzu sekitar 19,8 persen.

Bisa dibilang, ketiga merek itu merupakan penguasa segmen truk di Indonesia, dan model-model yang dikeluarkan mereka adalah legenda. Bagaimana tidak, dari dulu, truk-truk keluaran pabrikan itulah yang menguasai pasar. Penasaran truk apa saja yang terhitung sebagai truk legendaris di Indonesia? Berikut ulasannya:

>> Klik laman selanjutnya

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Fuso Colt Diesel

Fuso Colt Diesel

Sekira 45 tahun berkiprah dalam dunia otomotif Indonesia, Mitsubishi telah berhasil menjual truk sebanyak 1 juta unit. Dari jumlah tersebut, Colt Diesel adalah salah satu model yang paling laris. Sampai saat ini, Colt Diesel tersedia dalam empat varian, yaitu Super Economical, Super Speed, Super Power, dan Super Capacity.

Truk yang sering dijuluki sebagai "si kepala kuning" karena warna kepalanya yang kerap dikelir kuning dalam penjualannya ini banyak digunakan di daerah perkebunan dan pertambangan. Ia juga dimanfaatkan sebagai alat angkut kargo atau untuk mendistribusikan barang-barang. Truk ini dapat dengan mudah kita jumpai di jalanan.

>> Klik laman selanjutnya

3 dari 4 halaman

Hino Ranger

Hino Ranger

Truk ini juga dapat dengan mudah kita jumpai di jalanan. Sebelum kedatangan Hino Ranger 500 pada tahun ini, versi sebelumnya telah sangat sukses, bahkan menjadi model paling laris dikategorinya. Pada 2014 lalu, Hino Ranger Indonesia berhasil terjual sebanyak 30 ribu unit dari total 168 ribu unit penjualan di seluruh dunia.

Varian anyar Hino Ranger cukup banyak mendapat pembaruan pada tampilan. Misalnya, grill yang berbentuk V yang lebih besar dan bumper baru yang semakin elegan. Selain itu, New Hino Ranger juga dilengkapi dengan sasis baru yang dilapisi bahan anti karat yang diklaim lebih kokoh dan mampu lewati medan yang sulit.

>> Klik laman selanjutnya

4 dari 4 halaman

Isuzu Elf NHR 55 CC

Isuzu Elf NHR 55 CC

Salah satu truk legendaris lainnya datang dari pabrikan otomotif asal Jepang, Isuzu. Truk tersebut adalah Elf NHR 55 cc. Truk ini telah memiliki fitur power steering sehingga memudahkan pengemudi untuk mengendarainya. Truk ini biasa digunakan sebagai truk angkutan barang dengan karoseri bak besi, aluminium, boks besi, atau load bak.

Bukan hanya itu, truk ini juga dilengkapi dengan reverse camera, sensor parking, single CD, serta diklaim sebagai truk paling irit bahan bakar dikelasnya.

(rio/ian)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.