Sukses

Pakai Alat Ini, Mobil Anda Dijamin Aman dari Bandit

CANtact, sebuah device yang mampu melawan hacker.

Liputan6.com, Sydney - Hacker telah menjadi ancaman bagi banyak orang, terutama bagi barang-barang elektronik yang dimiliki. Hacker mampu untuk membajak hampir semua barang-barang elektronik yang terkoneksi ke internet, dari mulai gadget hingga mobil.

Dalam beberapa eksperimen terbaru, hacker bahkan mampu membajak mobil yang sedang dikendarai. Tentu hal ini sangat mengkhawatirkan. Selain merupakan tindakan kriminal, hacking mobil tentu membahayakan keselamatan pengendaranya.

Meskipun begitu, beberapa teknologi tengah dikembangkan sejumlah pihak atau organisasi anti-hacker. Salah satunya adalah sebuah device yang diberi nama CANtact. Perangkat ini diperkenalkan dalam konferensi kemamanan Black Hat Asia di Singapura beberapa waktu lalu.

Melansir Carcrushing pada Minggu (28/3/2015), device ini dibuat oleh pemuda berusia 24 tahun, Eric Evenchich. CANtact adalah perangkat yang memungkinkan pengguna untuk mengendalikan mobil mereka secara penuh melalui laptop. Device ini dibanderol dengan harga US$ 60.

Meskipun terdengar seperti perangkat yang sama untuk membajak mobil, CANtact tidak dimaksudkan untuk itu. Sebaliknya, device ini berguna agar pengguna lebih memahami perangkat lunak mobil mereka serta sebagai sarana untuk menguji kerentanan kendaraan.

Perangkat ini terhubung melalui port OBD2 di bawah dashbord mobil dan ditancapkan ke port USB komputer. Setelah terpasang, pengguna dapat mendiagnosa warning lights dan kontrol fungsi seperti lampu, radio dan bahkan rem.

>>Klik laman berikutnya

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Next



Pengguna juga mungkin dapat membuat semacam modifikasi bagi perangkat lunak mobil mereka. Meskipun memang hal tersebut akan membatalkan garansi.

"Saya menyadari bahwa tidak ada alat yang baik bagi saya untuk bermain-main dengan alat yang berhubungan dengan industri otomotif, dan tentu saja alat ini sangat mahal," kata Evenchich.

Evenchich juga mengatakan bahwa dirinya ingin membangun sebuah alat beserta perangkat lunak yang mumpuni. Dirinya ingin menunjukkan bahwa kegiatan hacking dapat dilawan dengan mudah.

(rio/gst)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.