Sukses

Begini Cara Ganti Wiper yang Benar

Mengganti wiper adalah salah satu pemeliharaan mobil tercepat dan termudah. Tetapi kebanyakan pemilik mobil abai untuk melakukannya.

Liputan6.com, Jakarta - Mengganti wiper adalah salah satu perawatan mobil tercepat dan termudah. Tetapi kebanyakan pemilik mobil abai untuk melakukannya. Entah karena malas atau memang tidak terlalu peduli.

Salah satu permasalahan dalam mengganti wiper adalah pemilik mobil tidak tahu kapan hal tersebut perlu dilakukan. Wiper perlu segera diganti ketika ia mencicit saat digunakan serta tidak membersihkan debu atau tetesan air dengan bersih.

Bahkan, bukanlah ide yang buruk untuk mengganti wiper meskipun tidak ada gejala kerusakan apapun. Hal ini berguna agar wiper tetap dalam performa maksimal sehingga apapun yang menempel pada kaca depan mobil Anda dapat dibersihkan dengan maksimal.

Bagaimana cara untuk mengganti wiper dengan benar? Melansir The Guardian pada Minggu (29/3/2015), langkah pertama yang harus dilakukan adalah membeli satu set wiper baru. Jangan lupa untuk membeli juga wiper belakang jika mobil Anda memang menyediakan fitur tersebut.

Pada tahap pertama ini, Anda perlu untuk mengukur bilah pisau. Sebab, beberapa mobil memiliki bilah wiper untuk pengemudi dan penumpang yang panjangnya berbeda.

Satu cara untuk membuat pekerjaan ini menjadi lebih mudah adalah mengaktifkan wiper saat mobil diparkirkan. Kemudian, matikan mesin saat wiper berada pada posisi vertikal. Pada posisi ini Anda dapat mengganti bilah wiper lebih mudah. 



Jika Anda kesulitan untuk mencopot bilah wiper, maka sebaiknya baca kembali buku panduan mobil. Saat terpasang, goyangkan sedikit bilah wiper untuk memastikan pemasangan telah dilakukan dengan tepat. Jangan biarkan bilah wiper longgar atau Anda tidak akan melihat dengan baik saat hujan tiba.

>>Klik laman berikutnya

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Next

Kemudian, jangan lupa untuk mengganti wiper belakang di waktu yang sama. Cara melakukannya sama dengan mengganti wiper depan. Jika Anda kesulitan, kembali buka buku panduan.

Bagaimana, mudah bukan? Selamat mencoba!

(rio/gst)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.