Sukses

Kendarai Vespa, Cara Terbaik Nikmati Ho Chi Minh City

Mengendari Vespa merupakan cara terbaik untuk menikmati Ho Chi Minh City.

Liputan6.com, Ho Chi Minh City - Bila Anda mengunjungi Ho Chi Min City, ada cara yang asyik untuk menikmati keindahan salah satu tujuan wisata terbaik di Asia Tenggara itu.

Ya, sebuah terobosan dari warga Amerika Serikat (AS), Steve Mueller, nampaknya sukses membuat bisnis pariwisata kota tersebut makin hidup. Dia mendirikan Vietnam Vespa Adventure pada 2007 untuk menyediakan layanan sewa Vespa untuk berkeliling Ho Chi Minh City.

"Berada di atas Skuter di Ho Chi Minh City adalah cara terbaik untuk menjadi bagian dari kota," kata Mueller seperti yang dikutip dari CNN, Senin (30/3/2015)

"Ini benar-benar pengamalan autentik, berdampingan dengan penduduk setempat," tambahnya

Awal bisnis

Bisnis ini diinspirasi ketika Mueller melihat acara TV "Top Gear" yang dipandu oleh Jeremy Clarkson. Pada acara tersebut, terlihat bagaimana Ho Chi Mih City begitu indah tetapi kurang dimanfaatkan. Ide bisnis pun muncul. Mueller kemudian membeli Vespa antik pertama dengan biaya US$ 300.

Sebagian besar Vespa yang digunakan pada Vietnam Vespa Adventure merupakan keluaran akhir 1960-an dan awal 1970-an. Tahun-tahun tersebut adalah zaman keemasan Vespa. Bisnis pun terus berkembang hingga sekarang.

Saat ini, ada sekira 100 Vespa klasik yang siap menemani jalan-jalan para turis, baik lokal ataupun dalam negeri. Meskipun antik, seluruh Vespa milik Mueller diperbarui dengan suku cadang asli dan teknisi berlisensi Piaggio dari India.

Tentu, Vietnam Vespa Adventure dapat menjadi inspirasi bagi para pecinta Vespa Indonesia. Jadi, bukan hanya sekadar hobi saja, Vespa juga berpotensi menghasilkan uang yang tidak sedikit. Apalagi, kota ataupun desa di Indonesia tidak kalah indahnya dengan Vietnam.

(rio/gst)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini