Sukses

Rusia Berambisi Bangun Jalan Tol London - New York

Pelaksanaan mega proyek ini akan dilakukan oleh Trans-Eurasian Belt Development (TEPR).

Liputan6.com, Moscow - Sebuah mimpi besar dicetuskan oleh Presiden Russian Railways, Vladimir Yakunin. Ia ingin membangun suatu jaringan jalan bebas hambatan sepanjang 19.955 kilometer yang menghubungkan London dengan New York.

Jalan lintas benua ini akan dibangun melewati Moscow yang menjadi Ibu Kota negara Russia. Melansir laman Worldcarfans, Selasa (31/3/2015), jalan ini juga sekaligus mengggunakan beberapa jalan utama yang sebelumnya telah ada di Eropa serta membangun jaringan jalan baru sepanjang 88 kilometer dari Rusia ke Alaska.

"Proyek ini jarus berubah menjadi zona masa depan dunia dan harus berbasis teknologi unggulan," ujar Yakunin.

Tak hanya membangun jalan bebas hambatan, Yakunin pun menginginkan jaringan jalan yang akan dibangun juga mencakup jalur kereta api berkecapatan tinggi yang menghubungkan Asia dengan Eropa. Adapun pelaksanaan mega proyek ini akan dilakukan oleh Trans-Eurasian Belt Development (TEPR).

Dijelaskan, jika proyek ini berhasil, TEPR dapat membuat 10 sampai dengan 15 kawasan industri baru dan tentunya membuka banyak lapangan pekerjaan. Tak hanya itu, proyek yang sangat mahal dan ambisius ini pun diprediksi akan memecahkan banyak masalah dalam pengembangan wilayah.

"Ini harus menjadi alternatif dari model yang ada saat ini dimana banyak menyebabkan krisis sistemik," tambah Yakunin.

Sebagai informasi, jalan bebas hambatan terpanjang di dunia saat ini berada di Australia yang terbentang sepanjang 14.485 kilometer.

(ysp/gst)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini