Sukses

Model-model Legendaris Vespa Sepanjang Masa

Dari berbagai jenis Vespa yang dirilis, beberapa diantaranya begitu populer di kalangan penggunanya.

Liputan6.com, Jakarta - Vespa menjadi skuter paling populer sepanjang masa. Tak hanya sekedar menjadi alat transportasi, Vespa pun telah bertransformasi menjadi suatu gaya hidup tersendiri.

Vespa pertama lahir pada April 1946 oleh sebuah pabrikan bernama Piaggio. Pada akhir 1949, Vespa telah diproduksi sebanyak 35 ribu unit dan dalam 10 tahun telah terjual hingga sekitar satu juta unit.

Kesuksesan yang diraih Piaggio membuat Vespa mulai diproduksi di di luar Italia seperti Jerman, Inggris, Perancis, Belgia, Spanyol. Selain diproduksi di Eropa, Vespa juga mulai dirakit di Asia yaitu di Indonesia dan India pada penghujung dekade 1950-an.

Dalam perkembangannya, berbagai model Vespa telah diciptakan Piaggio sampai dengan 1992. Tak tanggung-tanggung, sejumlah 89 model dirilis dengan jumlah produksi mencapai 15 juta unit selama kurun waktu tersebut.

Diantara berbagai model yang dirilis, beberapa diantaranya begitu populer di kalangan penggunanya. Penasaran seperti apa model-model legendaris Vespa yang pernah ada? Berikut ini uraian singkatnya seperti dilansir dari Antiquevespa, Sabtu (4/4/2015):

Klik halaman selanjutnya >>>

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

Next

Vespa 125 - 1948

Skuter ini merupakan model pertama Vespa yang disokong mesin berkubikasi 125cc. Pada Vespa 125, Piaggio selaku produsen melakukan upgrade pada suspensi depan serta menggunakan suspensi belakang yang belum ada pada model MP 6.

Dalam perkembangannya, Vespa 125 mengalami penyegaran pada 1953. Penyegaran ini menandai perubahan penting yang meliputi dapur pacu serta sistem transmisi.

Pada model ini, tenaga pun bertambah menjadi 5 horse power (HP) dan menghasilkan kecepatan maksimal hingga 75 km/jam. Tak luput, desain Vespa 125 pun turut berubah pada fairing belakang.

Di tahun yang sama, Piaggio juga merilis Vespa 125 U yang menjadi varian Utilitas dari 125 dan hadir dalam gaya yang sederhana. Piaggio pun memperkenalkan headlamp pada setang melalui Vespa 125.

Klik halaman selanjutnya >>>

3 dari 7 halaman

Next

Vespa GS

Vespa GS hadir pertama kali pada 1955 melalui model 150 GS. Para ahli menyebutnya sebagai model yang paling populer serta banyak diingat dan ditiru.

Vespa 150 GS menghadirkan berbagai inovasi meliputi mesin berkapasitas 150cc, transmisi empat percepatan, jok dengan bentuk memanjang, serta velg roda berdiameter 10 inci.

Tak luput, desain pada Vespa 150 GS juga mengalami perubahan dengan bodi yang jauh lebih aerodinamis. Berbekal mesin baru, skuter ini sanggup dipacu hingga 100 km/jam.

Pada 1962, Piaggio melakukan penyegaran dengan merilis Vespa 160 GS. Model ini lahir untuk melanjutkan keberhasilan pasar dari GS pertama.

Vespa 160 GS hadir dengan desain yang benar-benar baru. Selain peningkatan kubikasi, beberapa upgrade teknis turut dilakukan meliputi adanya peredam knalpot, serta karburator dan sistem suspensi baru. 160 GS sanggup menghasilkan tenaga puncak 8,2 HP pada 6.500 rpm.

Klik halaman selanjutnya >>>

4 dari 7 halaman

Next

Vespa 150 GL

Piaggio pada 1963 merilis Vespa 150 GL. Skuter ini disebut-sebut sebagai salah satu Vespa paling keren yang dihasilkan oleh desainer Piaggio.

Pada model ini memiliki desain yang benar-benar baru seperti setang, headlamp berbentuk trapesium, hingga spatbor depan.

Klik halaman selanjutnya >>>

5 dari 7 halaman

Next

Vespa 50

Model ini adalah skuter pertama Vespa dengan kubikasi 50cc. Vespa 50 merupakan skuter terakhir yang dirancang oleh Corradino D'Ascanio.

Vespa 50 hadir dengan desain baru dan menggunakan jenis silinder miring 45 derajat. Model ini menjadi skuter yang serbaguna dan dapat diandalkan.

Klik halaman selanjutnya >>>

6 dari 7 halaman

Next

Vespa Super Sprint 90 - 1966

Piaggio menciptakan Vespa Super Sprint 90 sebagai skuter yang spesial dengan mengombinasikan antara Vespa 50/90 cc dan 125. Vespa Super Sprint 90 menggunakan spatbor dan penutup mesin berbahan baja dengan desain yang mengalir.

Adapun desain setang pada Vespa Super Sprint 90 lebih sempit dan rendah dengan bentuk sadel baru sehingga menawarkan gaya berkendara yang lebih santai.

Dengan mesin berkapasitas 90cc, Vespa Super Sprint 90 sanggup dipacu hingga kecepatan 93 km/jam.

Klik halaman selanjutnya >>>

7 dari 7 halaman

Next

Vespa 125 Primavera

125 Primavera menjadi salah satu model Vespa yang memiliki durabilitas tinggi. Skuter yang pertama kali dipasarkan pada 1968 ini menawarkan desain yang klasik dan memiliki fitur unik yaitu cantelan untuk tas.

Dijelaskan, Vespa 125 Primavera diciptakan dengan platform 125 terkini. Namun begitu, skuter ini hadir dengan perbedaan yang cukup besar pada setelan mesin sehingga lebih cepat 10 km/jam atau memiliki kecepatan maksimal 85 km/jam.

(ysp/ian)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini