Sukses

Di Indonesia, Populasi Komunitas Vespa Mencapai Ratusan

Jumlah komunitas Vespa yang terdaftar di IVI mencapai 237 klub.

Liputan6.com, Jakarta - Sebagai sebuah kendaraan ikonik, Vespa memiliki banyak penggemar dan beberapa diantaranya pun tergolong menjadi penggemar fanatik. Untuk mewadahinya, para pengguna skuter Italia tersebut biasanya membentuk suatu komunitas.

Terbentuknya klub Vespa karena perasaan senasib sepenanggungan yang dialami selama menunggangi skuter tersebut. Rasa senasib ini membuat sesama penunggang Vespa selalu menunjukkan kesetiakawanan yang tinggi meskipun berbeda klub sekalipun.

Untuk kawasan DKI Jakarta sendiri, terdapat puluhan komunitas, contohnya seperti Jakarta Vespa Club yang berada di kawasan Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, serta Vespa Antique Club yang berasal dari Bandung.

Uniknya, komunitas pengguna Vespa yang ada di Jakarta ada juga yang masih tergabung dalam satu tempat kerja. Contohnya yaitu komunitas Scooter Mini Club dimana anggotanya merupakan karyawan di Taman Mini Indonesia Indah (TMII).

Komunitas pengguna Vespa yang ada di Indonesia sebagian besar tergabung dalam sebuah ikatan bernama Ikatan Vespa Indonesia (IVI). Tak cuma puluhan komunitas, di Indonesia sendiri jumlah komunitas Vespa yang terdaftar di IVI mencapai 237 klub. Angka ini bisa jadi lebih banyak lagi jika ditambah dengan klub-klub pengguna vespa yang tidak terdaftar.

Sebagai suatu komunitas, ajang kumpul-kumpul atau kopi darat (kopdar) biasanya kerap dilakukan. Tidak hanya berkumpul dengan sesama anggota dalam satu komunitas, klub-klub Vespa ini juga berkumpul dengan sesama anggota lintas komunitas.

Biasanya, lokasi kopdar dipilih di tempat yang ramai dengan akses yang mudah seperti di Pintu Barat Senayan, Jakarta Pusat yang menjadi lokasi kopdar untuk wilayah Jakarta dan sekitarnya. Selain Jakarta, komunitas Vespa di kota-kota lain juga kerap mengadakan kopdar.

Untuk komunitas Vespa yang berada di wilayah Bogor misalnya, mereka biasa kopdar di Cafe Dureen yang terletak di Jalan Kedung Halang. Sementara itu di Bandung, ajang kopdar biasanya dilakukan di Kantin Enhai STP Bandung yang terletak di Jalan Setia Budhi No. 186.

(ysp/ian)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.