Sukses

Audi Kembangkan "Otak" Teknologi Mobil Tanpa Sopir

Audi AG sedang mengembangkan sebuah device berukuran iPad yang akan menjadi pusat komputasi bagi mobil otonomos.

Liputan6.com, Munich - Audi AG sedang mengembangkan sebuah perangkat berukuran seperti iPad yang akan menjadi pusat komputasi bagi mobil otonomos. Dengan perangkatini, Audi berharap mampu ciptakan mobil otonomos yang nyaman dan aman.

Setidaknya, perangkat ini memanfaatkan teknologi Mobileye NV dan Nvida Corporation. Dalam menggarap proyek tersebut, Audi berkolaborasi dengan Delphi Automotive Plc.

Menurut Audi, sebagaimana dilansir dari Automotive News, Rabu (4/1/2015), perangkat ini akan menjadi core atau inti dari sistem untuk mobil otonomos. Daya komputasi yang disediakan oleh device ini pun sesuai dengan arsitektur elektronik lengkap pada mobil mid-size.

Audi, bersama beberapa pesaingnya seperti Mercedes-Benz dan Tesla Motors Inc memang sedang giat untuk membangun mobil otonomos yang mampu mengemudikan dirinya sendiri. Sebagai langkah awal, pabrikan otomotif biasanya akan menambahkan fitur parkir otomatis.

"Semua pabrikan mobil hingga perusahaan pemasok sibuk mendorong pengembangan mobil otonomos," kata Frank Schwope, seorang analis otomotif. "Yang menjadi masalah adalah teknologi ini kurang jelas dalam praktik karena belum adanya hukum yang mengatur," tambahnya.

(rio/gst)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.