Sukses

Suzuki Patenkan Sepeda Motor Pakai Turbo

Adanya turbo pada sepeda motor ini menjadi solusi dari semakin mahalnya harga BBM dan peraturan emisi di berbagai negara yang semakin ketat.

Liputan6.com, Tokyo - Pada gelaran Tokyo Motor Show 2013 lalu, Suzuki sempat memamerkan Recursion, konsep sepeda motor futuristik dengan intercooler turbo. Konsep Recursion ini sanggup menyemburkan tenaga hingga 98,5 horse power (hp) dengan torsi sebesar 100 Nm. Padahal, Recursion hanya didukung mesin berkapasitas 588cc paralel twin.

Melansir laman Motoroids, Kamis (2/4/2015), posisi turbocharger pada sepeda motor Suzuki nantinya berada di depan mesin dan di bawah radiator. Tata letak seperti ini dimaksudkan untuk memanfaatkan aliran gas buang dari pipa header yang memutar turbin.

Kali ini, pabrikan berlogo 'S' itu kabarnya telah mematenkan teknologi turbo yang digunakan pada Recursion. Suzuki bertujuan dengan adanya turbo pada sepeda motor ini menjadi solusi dari semakin mahalnya harga BBM dan peraturan emisi di berbagai negara yang semakin ketat.

Adanya turbocharged pada sepeda motor pun dapat meningkatkan efisiensi bahan bakar sekaligus mendongkrak torsi dengan mengandalkan mesin standar. Tak luput, tenaga pun dapat langsung dirasakan sejak putaran rendah.

Namun demikian, Suzuki dilaporkan masih belum siap untuk membawa Recursion untuk naik produksi. Jika resmi diproduksi, Recursion akan menjadi sepeda motor berteknologi turbocharged yang lebih terjangkau dari segi harga ketimbang Kawasaki Ninja H2.

(ysp/gst)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.