Sukses

Teknologi Ini Memungkinkan Mobil Berubah Warna Sendiri

Fitur ShadeChange memungkinkan pengemudi mengubah warna mobilnya sesuka hati.

Liputan6.com, Jakarta - Skoda Auto, salah satu pabrikan mobil asal Ceko sekaligus anak perusahaan Grup Volkswagen, resmi mematenkan teknologi baru yang dinamai ShadeChange. Dengan teknologi ini, pengemudi mampu mengubah warna mobilnya sesuka hati.

Melansir Worldcarfans pada Sabtu (4/4/2015), fitur yang dibanderol £ 500 atau sekira Rp 9,6 juta (Kurs: Rp 19.269/US$) ini memungkinkan pemiliknya untuk mengubah warna body panel dengan menggunakan touchscreen on-board.

Seperti yang terlihat pada foto, masing-masing body panel dapat memiliki warna yang berbeda. Perubahan warna tersebut dikarenakan adanya lapisan mikroskopis bernama nobtainium yang akan berubah warna setiap kali dialiri muatan listrik bertegangan rendah.

Diumumkan pada 1 April 2015, teknologi ShadeChange ini sedang dalam tahap pengembangan akhir. Skoda menjanjikan ShadeChange akan tersedia secara komersial dalam waktu dekat.

Tetapi, tidak sembarangan mobil dapat dipasang teknologi ini. Untuk tahap awal, ShadeChange tersedia secara eksklusif untuk generasi ketiga mobil supermini Skoda Fabia.

(rio/ian)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini