Sukses

TOP 5 Otomotif: Vespa Ceper Dikritik Media Internasional

Artikel mengenai aksi Vespa ceper di Indonesia yang menuai kritik dari media internasional sukses menyedot perhatian pembaca setia liputan6.

Liputan6.com, Jakarta - Artikel mengenai aksi Vespa ceper di Indonesia yang menuai kritik dari media internasional sukses menyedot perhatian pembaca setia liputan6.com.

Tidak hanya itu, kabar lain mengenai skuter ikonik asal Italia ini juga membuat penasaran pembaca, seperti tiga Vespa yang paling sulit dicari di Indonesia, hikayat Vespa hingga SS90 yang kabarnya menjadi vespa lawas termahal.

Berikut ulasan lengkap artikel terpopuler yang terangkum dalam Top 5 Otomotif liputan6.com pada Sabtu (4/4):

1. Aksi Vespa Ceper Indonesia Tuai Kritik Media Internasional

Indonesia menjadi salah satu negara yang terkenal dengan populasi Vespa yang cukup besar. Bahkan, di kota-kota besar seperti Jakarta kerap dijumpai modifikasi ekstrim berbasis Vespa.

Contoh modifikasi ekstrim yang dilakukan salah satunya yaitu Vespa ceper. Biasanya, modifikasi seperti ini dilakukan oleh kalangan remaja berusia belasan tahun yang duduk di bangku SMP atau SMA.

Tak hanya memiliki ground clearance yang jauh lebih rendah dari aslinya, Vespa ini memiliki ukuran jauh lebih panjang ketimbang Vespa normal. Meskipun terlihat unik, aksi modifikasi seperti ini malah dikritisi oleh media luar negeri seperti Motoroids.

2. Tiga Vespa Ini Paling Sulit Dicari di Indonesia

Suara bising menjadi satu dari sekian ciri khas dari motor berjenis skuter asal Italia ini. Ya, Vespa bisa dibilang begitu dicinta. Meski Vespa telah bertransformasi menjadi kendaraan modern dengan mesin yang lebih efisien dan ramah lingkungan, nyatanya masih banyak yang memburu sejumlah model klasik nan langka untuk sekadar penuhi hasrat.

Di Indonesia sendiri, ada tiga model yang bisa dibilang sebagai barang langka. Dody Awwalul Fadhly, seorang pecinta Vespa menurutkan, tiga model tersebut adalah Vespa GS VS , Vespa SS90, dan Vespa VB1.

3. Hikayat Vespa, Dari Pabrik Pesawat ke Produsen Skuter Ikonik

Siapa yang tidak mengenal Vespa, kendaraan roda dua asal Italia ini begitu terkenal di seluruh dunia karena memiliki desain yang khas.

Vespa pun menjadi suatu fenomena yang melibatkan kehidupan sosial dan telah menjadi suatu gaya hidup tersendiri. Tak hanya itu, Vespa pun dapat terus dikenal antar generasi sebagai sebuah kendaraan yang identik dengan kebebasan.

Namun tidak banyak yang mengetahui jika sebelum memproduksi sepeda motor, Piaggio sebagai pencipta Vespa dulunya adalah produsen pesawat terbang.

4. SS90, Vespa Lawas Termahal di Dunia?

Di era modern, Vespa memiliki 946 Bellisima yang menjadi model termahal yang pernah diproduksi. Namun, jauh ke belakang, para pecinta motor ikonik asal Negeri Menara Pisa ini pastinya tak asing dengan SS90.

Ya, Vespa Super Sprint 90 pertama kali diperkenalkan pada 1965. Motor ini diproduksi hingga 1971 dan berhasil menjadi ikon skuter sport. Di pasar Italia, motor yang diproduksi sejumlah 5.309 unit ini tersedia dalam dua warna yakni, merah dan biru.

5. Mobil "Glow in the Dark" Kuasai Pasar AS

Nissan leaf lebih dikenal dengan mobil glow in the dark. Dengan cat khusus, seluruh eksterior mobil dapat bercahaya di malam hari. Mungkin, itulah salah satu faktor yang membuat mobil ini dinobatkan sebagai kendaraan plug in hybrid terlaris di Amerika Serikat (AS).

Melansir Autoblog pada Sabtu (4/4/2015), sejak dijual pada akhir 2010, Nissan Leaf telah terjual sebanyak 76.407. Jumlah ini lebih banyak dari pesaing terdekatnya, Chevrolet Volt, yang mencapai 75. 231 unit.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini