Sukses

Motor 250 cc Bisa Pakai Ban Moge, Asal..

Menggunakan ban moge boleh saja asal ukuran velgnya sesuai dengan ban.

Liputan6.com, Jakarta - Para pengguna motor sport 250 cc kini semakin banyak beredar di jalanan. Sering juga dijumpai para pengguna motor sport seperempat liter ini menggunakan ban yang lebih besar dari ukuran standar. Biasanya mereka menggunakan ban yang ukurannya setara dengan motor gede (moge).

Alasannya beragam, mulai dari ingin meningkatkan tampilan agar semakin kekar ada juga yang beralasan menggunakan ban besar memberikan kenyamanan lebih saat melibas tikungan.

Country of Sales & Marketing 2 Wheels Division Michelin Indonesia Bayu Surya Pamugar Sugeng mengatakan, menggunakan ban moge boleh saja asal ukuran velgnya sesuai dengan ban. Jika ukuran velg kecil jangan dipaksa pakai ban besar seperti ini.

"Apa pun bannya, semahal apa pun teknologinya, saat ban dipasang pada velg yang kekecilan dan bentuknya jadi seperti donat. Performa jadi tidak akan maksimal dan justru membahayakan,” jelasnya beberapa waktu lalu.

Hal lain yang patut diperhatikan adalah tekanan angin. Upayakan tekanan ban jangan terlalu banyak, pasalnya ban cenderung licin. Apabila dipaksa ban akan melar.

"Sebaliknya kalau tekanan angin kurang, ban akan cepat habis. Itu terjadi karena beban tidak sesuai dengan ukuran dinding ban." pungkasnya.

Michelin Indonesia sendiri baru-baru ini meluncurkan Pilot Road 4 yang ditujukan untuk motor sport touring. Ban yang diperuntukkan bagi motor 650 cc ke atas ini bisa digunakan untuk motor 250 cc. Michelin Pilot Road 4 tersedia berbagai macam ukuran mulai dari 120-60 sampai 190-50 ring 17.

(ian/sts)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.