Sukses

3 Alasan Yamaha RX King Merajai Kelas Sport Hingga Era 90-an

RX King menjadi jawaban Yamaha atas sebuah sepeda motor yang larinya kencang, namun tetap irit dan memiliki desain yang gagah.

Liputan6.com, Jakarta - Anda tentu familiar dengan sosok Yamaha RX King. Sepeda motor ini terkenal karena performanya yang sangat buas sampai akhirnya dijuluki sebagai motor jambret karena banyak digunakan sebagai 'armada dinas' oleh pelaku kejahatan saat beraksi.

Sepeda motor yang dijuluki 'Sang Raja' ini merupakan hasil rancangan trio insinyur Yamaha antara lain Nobuo Aoshima, Chikao Kimata, Motoaki Hyodo. RX King hadir ke Indonesia pada 1983 sebagai jawaban Yamaha atas sebuah sepeda motor yang larinya kencang, namun tetap irit dan memiliki desain yang gagah.

Tim peneliti Yamaha mulai berkeliling ke berbagai kota di Jawa, Sumatera, dan beberapa bagian daerah lain di Indonesia. Riset yang dilakukan tersebut memperlihatkan jika sepeda motor yang ada terutama untuk yang bermesin 2-tak memiliki torsi yang rendah pada putaran bawah, boros BBM, serta asap knalpot yang terlalu ngebul.

Rupanya, RX King diterima pasar dengan amat baik. Sang Raja pun sanggup bertahan hingga ekitar seperempat abad atau tak lagi diproduksi pada 2008.

Penasaran, apa alasan RX King sanggup berkuasa selama 25 tahun? Berikut ini ulasan singkatnya yang berhasil dihimpun Liputan6.com:

Klik halaman selanjutnya >>>

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Next

1. Desain

Sepeda motor ini memiliki tampilan yang gagah dan berjiwa muda. Secara garis besar desain yang dimiliki oleh sang raja pun kabarnya tidak mengalami banyak perubahan mencolok.

Adapun perubahan mencolok yang dialami Sang Raja baru terjadi pada generasi New RX-King yang dirilis pada 2007. Model ini menggunakan headlamp bulat dengan knalpot yang dilengkapi catalytic converter.

Klik halaman selanjutnya >>>

3 dari 4 halaman

Next

2. Performa ganas

Banyak orang menjuluki Yamaha RX King sebagai motornya jambret. Hal ini bukanlah tanpa alasan, performa yang dimiliki RX King begitu trengginas sehingga kerap digunakan ketika melakukan tindak kriminal.

"Putaran bawah sepeda motor ini sangat galak, tarikan nafasnya juga panjang," ujar Efendi, mekanik Aries Motor saat ditemui Liputan6.com.

Lebih lanjut, ia memaparkan jika nafas yang panjang tersebut membuat RX King sangat mantap ketika dipacu dalam kecepatan tinggi. Tak hanya itu, RX King pun menurutnya memiliki handling yang mantap dan stabil.

Meskipun telah cukup berumur, performa yang dimiliki RX King pun masih tetap kompetitif jika dibandingkan dengan sepeda motor modern. Bahkan menurut Efendi, sang raja pun masih sanggup dipakai untuk berkendara jarak jauh.

Klik halaman selanjutnya >>>

4 dari 4 halaman

Next

3. Suku cadang banyak tersedia

Tak hanya memiliki performa yang mumpuni, perawatan RX King pun masih terbilang mudah. Sebab, suku cadang asli sang raja masih banyak dijual di toko-toko onderdil.

Bagi pemilik RX King berkantong tipis pun tak perlu khawatir, karena suku cadang imitasi sepeda motor berkapasitas 135 cc juga masih banyak ditemui di pasaran meskipun kualitasnya tidak sebaik suku cadang asli.

(ysp/ian)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini