Sukses

Jadi Buruan, Vespa, RX King, dan Ninja Lawas Berbanderol Tinggi

Meskipun terhitung jadul, bukan berarti ketiga model ini berharga rendah. Sebaliknya, beberapa di antaranya dibanderol dengan harga tinggi.

Liputan6.com, Jakarta - Motor 2-tak mulai terkenal dan mendominasi pasar Indonesia mulai medio 80-an yang ditandai dengan kemunculan RX King milik Yamaha. Sejak saat itu, motor 2-tak terus mencuri perhatian masyarakat Indonesia.

Selain RX King, beberapa model-model penting yang menandai berjayanya motor 2-tak adalah Vespa dan Ninja. Vespa bahkan telah masuk ke Indonesia sejak 1960, yaitu melalui APM PT Danmotors Vespa Indonesia.

Sementara itu, motor Ninja pertama kali masuk ke Indonesia pada 1996, tepatnya Ninja 150 2-tak. Sejak itu, Ninja terus diperbarui. Generasi terakhir Ninja adalah 150RR yang akan dihentikan produksinya Agustus nanti.

Meskipun terhitung jadul, bukan berarti ketiga model ini mengalami penurunan harga. Sebaliknya, beberapa di antaranya dibanderol dengan harga cukup tinggi karena nilai sejarah dan keunikannya.

Diolah dari berbagai sumber, berikut adalah harga Vespa, RX King, dan Ninja saat ini.

>> Klik laman selanjutnya

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Vespa

Vespa

Harga sebuah Vespa tidak menentu, sebab banyak faktor yang mempengaruhinya. Beberapa faktor tersebut di antaranya adalah kelangkaan, kemudahan sparepart, dan lain sebagainya.

Beberapa Vespa langka terhitung relatif mahal. Di awal 2000-an misalnya, salah satu bengkel Vespa terbesar di Jakarta, Aneka Motor, menjual Vespa klasik langka GS 150 seharga Rp 105 juta.

Pada banyak forum jual beli pun harga Vespa beragam. Misalnya, Vespa PTS lansiran 1978 dibanderol Rp 12 juta. Sedangkan Vespa PX dibanderol Rp 10 juta, bahkan ada pula yang menawarkannya hanya Rp 4 juta.

>> Klik laman selanjutnya

3 dari 4 halaman

RX King

RX King

Meskipun sudah tidak lagi diproduksi, Yamaha RX King masih banyak diburu. Hal inilah yang membuat harganya tetap tinggi. Beberapa alasan mengapa motor lawas ini masih diburu adalah karena tarikannya yang mantap dan perawatan yang mudah.

Selain itu, alasan lainnya adalah karena motor ini dibuat dari bahan-bahan berkualitas tinggi. Hal ini membuat RX King lebih awet dibanding motor-motor lainnya, apalagi jika dirawat dengan baik.

"Meskipun hitungannya motor lama, hampir semua bengkel bisa memperbaiki RX King kalau terjadi kerusakan," ujar Muhammad Haris, mekanik dari Aris Motor saat berbincang pada awak Liputan6.com beberapa waktu yang lalu.

Di salah satu forum jual beli, RX King berkelir hitam keluaran 2001 dibanderol dengan harga Rp 13,5 juta. Bahkan, jika kondisinya masih bagus dan terawat, motor ini bisa dijual hingga Rp 30 jutaan.

>> Klik laman selanjutnya

4 dari 4 halaman

Ninja

Ninja

Kawasaki Ninja memiliki sejarah yang juga panjang. Ia pertama kali diperkenalkan pada 1984 dengan mesin empat silinder. Sampai saat ini, Ninja masih memiliki tempat istimewa di hati para penggemarnya.

Hal ini terbukti dengan penjualan Ninja yang masih tetap tinggi. Bahkan, di tahun lalu Ninja 150RR 2-tak memberikan kontribusi hampir 50 persen dari total penjualan PT Kawasaki Motor Indonesia (KMI).

Di Indonesia, Ninja 150RR dibanderol dengan harga Rp 36,6 juta, sedangkan Ninja 150RR SE (Special Edition) dibanderol 37,8 juta. Sementara itu, harga Ninja bekas tergantung kepada tahun produksi serta kondisi kendaraan.

Di salah satu situs jual beli online, harga Ninja R150 lansiran tahun 2004 dibanderol hingga Rp 17,5 juta. Ada pula yang membanderolnya dengan harga Rp 49 juta untuk Ninja 150 lansiran 2012, dan Rp 45 juta untuk 150RR lansiran 2011.

(rio/ian)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini