Sukses

Top 5 Otomotif: Serba-serbi Mobil KAA Paling Dilirik

Informasi seputar mobil-mobil yang digunakan sepanjang perhelatan Konferensi Asia Afrika (KAA) sukses menyita perhatian pembaca setia Liputa

Liputan6.com, Jakarta - Informasi seputar mobil-mobil yang digunakan sepanjang perhelatan Konferensi Asia Afrika (KAA) sukses menyita perhatian pembaca setia Liputan6.com.

Di samping itu, kode unik touring motor hingga duo sport utility vehicle (SUV) tangguh yang turut mengawal jalannya KAA ke-60 di Bandung dan Jakarta tak luput dari sorotan.

Untuk lebih jelasnya, berikut top 5 artikel otomotif.liputan6.com pada Senin 20 April:

1. Ini Mobil Presiden Soekarno Saat Konferensi Asia Afrika 1955

Salah satu aspek menarik dalam membahas Konferensi Asia Afrika (KAA) pertama pada 1955 adalah mobil yang digunakan para kepala negara. Sebab bagaimanapun, mobil-mobil tersebut adalah bagian dari sejarah KAA itu sendiri.

Mobil yang sangat menarik perhatian adalah mobil milik presiden pertama RI, Soekarno. Mobil khusus yang digunakannya dalam konferensi monumental ini adalah Mercedes 600.

2. 3 Sedan Mewah Pengantar Peserta KAA

Indonesia saat ini sedang disibukkan dengan hajatan Konferensi Asia Afrika (KAA), yang dilangsungkan pada 19-23 April 2015 di Jakarta dan Bandung.

Kegiatan bertaraf internasional ini digelar sekaligus memperingati konferensi pertama KAA pada 60 tahun lalu. Untuk menyambut para delegasi, penyelenggara pun menyiapkan deretan mobil mewah.

Deretan mobil ini akan digunakan sebagai kendaraan para tamu negara selama kunjungannya di Tanah Air. Dari berbagai model yang disiapkan, mobil berjenis sedan mendominasi kendaraan yang disediakan untuk peserta KAA.

3. 3 Kode Unik Touring Motor

Bagi pecinta motor, touring merupakan kegiatan yang sangat menyenangkan. Touring juga bisa menjadi sarana menyegarkan pemikiran setelah sibuk dengan aktivitas sehari-hari. Bukan hanya itu, kegiatan ini juga berguna sebagai sarana sosialisasi satu sama lain.

Touring motor biasanya dilakukan oleh klub motor. Tetapi, tidak menutup kemungkinan juga touring yang sifatnya terbuka. Misalnya, pabrikan motor X menyelenggarakan touring yang terbuka bagi semua orang yang memiliki motor merek mereka.

4. Lampu Lalu Lintas Unik pada Konferensi Asia Afrika 1955

Konferensi Asia Afrika (KAA) yang berlangsung pada 1955 akan selalu dikenang. Pasalnya, itulah KAA yang pertama kali dilaksanakan atas inisiatif dari  Indonesia, Burma (sekarang Myanmar), Sri Lanka, India, dan Pakistan.

Saat itu, Kota yang diputuskan menjadi lokasi koferensi adalah Bandung, Ibu Kota Jawa Barat. Tak pelak, Bandung menjadi kota yang sangat sibuk untuk mempersiapkan diri menyambut konferensi monumental tersebut.

5. Jazz Punya Varian Estate, Tertarik?

Soal desain, tak ada yang menyangsikan kelihaian Honda dalam berkreasi. Ambil contoh Mobilio yang langsung diterima oleh konsumen Indonesia. Nah bagaimana bila Jazz dibuat lebih bongsor dengan konsep estate?

Jazz salon diberi nama Shuttle. Berbasis dari platform Jazz, Shuttle memberi ruang bagasi yang pastinya lebih besar. Sepintas justru terlihat seperti Mobilio. Tapi ini lebih modern.

Bukan tampilan yang lebih menarik sebenarnya. Namun bagaimana Honda mulai melirik sistem Atkinson untuk diterapkan di mesinnya. Artinya, Honda ingin mesin empat silinder 1,5 liternya lebih irit bahan bakar. Dengan pengaturan katup mesin yang lebih baik, efisiensi bahan bakar bisa dibuat lebih baik.

(gst/sts)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini