Sukses

Land Rover Pasrah Range Rover Dijiplak Orang Tiongkok

Tidak ada aturan regulasi di Tiongkok yang melindungi hak kekayaan intelektual.

Liputan6.com, Beijing - Jaguar Land Rover (JLR) selaku pencipta Range Rover Evoqe tidak dapat mengambil langkah hukum kepada Jiangling Motors. Padahal, pabrikan Tiongkok ini sudah jelas menjiplak desain Evoque melalui model Landwind X7.

Dijelaskan Chief Executive JLR, Ralf Speth, pabrikan tidak dapat mencegah pemasaran SUV kw ini. Pasalnya, Tiongkok tak memiliki regulasi khusus yang melindungi hak kekayaan atas intelektual sehingga pihak pabrikan hanya bisa pasrah.

"Saya benar-benar menyesal dengan seluruh peristiwa ini, penjiplakan akan terjadi lagi," ungkap Speth seperti dilansir dari Autonews, Jumat (24/4/2015).

Adapun, Landwind X7 telah dipasarkan sejak Juli 2014 dan sempat unjuk gigi pada Guangzhou Auto Show, November 2014 lalu. Tiruan Evoque ini dibanderol sepertiga dari harga mobil aslinya yakni hanya 150 ribu yuan. Adapun JLR memasarkan Evoque mulai dari 448 ribu yuan.

Desain Landwind X7 begitu identik dengan Range Rover Evoque melalui tampilan fender yang melebar. Tak luput bentuk atap yang miring serta panel pintu yang tersamar merupakan desain khas milik Evoque.

(ysp/gst)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini