Sukses

Mazda2 Taklukkan 3 Pulau dengan 44 Liter Bensin

Berbekal tangki terisi penuh sebanyak 44 liter Pertamax atau setara Rp 378.400, tujuh unit all new Mazda2 sukses menjelajahi tiga pulau.

Liputan6.com, Lombok - Perjalanan kompetisi adu irit bertajuk All New Mazda2 E- Halt Challenge 2015: One Tank for Three Islands telah berakhir. Berbekal tangki terisi penuh sebanyak 44 liter Pertamax atau setara Rp 378.400, tujuh unit all new Mazda2 sukses menjelajahi tiga pulau, yakni Jawa, Bali dan Lombok.

Perjalanan dimulai Selasa (21/4) dari SPBU Akpol Semarang dan baru berakhir pada Jumat (24/4) malam di Lombok. Hasil yang ditorehkan para peserta yang terdiri dari jurnalis dari berbagai media massa nasional mengejutkan PT Mazda Motor Indonesia (MMI).

Product Planning Expert MMI Bonar Pakpahan mengatakan jarak tempuh tim survey kala itu hanya mencapai 888 km. Saat itu tim survey menggunakan dua mobil berbeda yakni all new Mazda2 tipe R dan GT. Dengan catatan satu mobil mempertahankan kecepatan konstan hingga 60 km/jam dan satu lagi sampai kecepatan maksimal 80 km/jam.

"Saat berada di jalur Batur, Kintamani range distance kami sudah nol kilometer dan mesin mobil baru benar-benar mati setelah beberapa kilometer setelah pelabuhan Lembar, Lombok."

Hasil tersebut berbeda jauh dengan peserta yang baru merasakan range distance pada MID (multi information display) saat mulai mengaspal di Lombok.

"Ini membuat saya terkesan. Dari awal kami yakin teman-teman media bisa melampaui catatan kami cuma kami pikir selisihnya tidak jauh sekira 2-3 km karena selisih kami berdua hanya 12 kilometer," katanya.

Kondisi jalan menanjak di wilayah pantai Senggigi dan daerah perbukitan menuju Sandubaya menjadi puncak tingginya konsumsi bahan bakar kendaraan peserta. Setelah melewati daerah ini satu per satu peserta mulai kehabisan bensin.

Tim Cyclones, dan tim Lunatics menjadi 2 mobil pertama yang harus terhenti perjalanannya dan mengisi bahan bakar menggunakan bahan bakar cadangan di daerah Sandubaya dan Narmada dengan total jarak tempuh 930,1 km dan 936,2 km. Tim Speedsters dan tim Energizers menyusul dengan jarak tempuh 927,3 km dan 948,3 km.

Tim Daredevil akhirnya mengunci posisi tiga besar dengan berhenti di jarak 983,0 km. Hasil mengejutkan diperoleh dua tim teratas yakni Mavericks dan Dynamos dengan jarak tempuh masing-masing 1009,4 km dan 1044,9 km.

Ahmad Biondi dari tim Dynamos turut angkat suara atas kemenangannya. Ia menyebut untuk mengikuti lomba adu irit ini sama seperti pembalap jadi membutuhkan persiapan yang matang.

"Pertama kenali mobilnya dulu seperti lihat spesifikasi dan informasi lainnya. Setelah masuk mobil pastikan dulu posisi (berkendara) yang senyaman mungkin supaya tidak cepat capek. Kemudian mengendalikan mobil senyaman mungkin dengan mempertahankan kecepatan di bawah putaran 1500 rpm dan secepat mungkin melakukan perpindahan transmisi menggunakan gigi 6." urainya.

Dengan hasil ini, all new Mazda2 tidak hanya membuktikan dirinya sebagai hatchback yang memiliki kecepatan tetapi juga unggul dalam efisiensi bahan bakar.

(ian/sts)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini