Sukses

Empat Resep Bikin Kabin Mobil Terhindar dari Bau Tak Sedap

Berikut adalah beberapa bahan alternatif yang dapat digunakan untuk menggantikan penyegar udara sintesis.

Liputan6.com, Jakarta - Riset yang dilakukan oleh Natural Resources Defense Council menemukan bahwa penyegar udara sintetis sangat berbahaya bagi kesehatan. Menurut mereka, kelainan genetik adalah salah satu efek samping dari banyak produk penyejuk udara.

Meskipun begitu, tentu saja keberadaan penyejuk udara sangat penting. Ia berguna untuk membuat udara di dalam mobil menjadi segar, dan pada akhirnya membuat pengendara dan penumpangnya nyaman.

Jika ingin menyingkirkan bau di dalam kendaraan, mengapa tidak untuk menggunakan bahan-bahan yang lebih aman? Nah, melansir Examiner pada Senin (27/4/2015), berikut adalah beberapa bahan alternatif untuk membuat udara kabin segar nan aman:

-- Baking soda

Untuk menggunakan bahan ini, Anda perlu menaruhnya pada kotak di bawah kursi kendaraan. Atau, Anda juga dapat menaburkan baking soda sembarangan dan tinggalkan semalaman. Jika cara kedua yang dicoba, maka pastikan bersihkan sisa baking soda yang menempel menggunakan penyedot debu.

-- Kopi

Anda suka kopi? Kalau ya, pasti Anda tahu bahwa biji kopi dapat menyingkirkan bau tidak sedap. Bahan ini juga dapat menjadi alternatif Anda untuk hadirkan aroma menyegarkan pada mobil. Cara menggunakannya, cobalah untuk taruh serbuk kopi di sudut mobil, atau dimanapun asal masih terjangkau.

>> Klik laman selanjutnya

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Next

-- Daun mint atau kemangi

Bahan selanjutnya yang bisa digunakan untuk segarkan bau mobil adalah daun mint atau kemangi. Letakkan beberapa rempah segar tersebut di atas selembar koran di kursi belakang, kemudian diamkan beberapa lama. Anda juga dapat tetap berkendara sementara daun mint menetralisir bau tidak enak.

-- Lemon dan minyak kayu putih

Lemon dan minyak kayu putih adalah bahan terakhir yang dapat digunakan untuk mengganti penyegar udara sintesis. Taburkan beberapa tetes lemon atau minyak kayu putih ke bagian mobil dan Anda akan dapat langsung merasakan manfaatnya.

Tapi ingat, beberapa orang tidak suka bau minyak kayu putih. Jangan sampai keluarga Anda justru semakin tidak nyaman berada di dalam mobil karena bau minyak kayu putih. 

(rio/gst)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.