Sukses

Konflik Internal, Chairman VW Mengundurkan Diri

Ferdinand Piech keluar dari Volkswagen karena faktor kepercayaan telah hilang dari dewan perusahaan.

Liputan6.com, Wolfsburg - Volkswagen, Pabrikan mobil asal Jerman, mengatakan bahwa chairman mereka, Ferdinand Piech, resmi mengundurkan diri Sabtu lalu. Menurut VW, Piech keluar karena faktor kepercayaan telah hilang dari dewan perusahaan.

Melansir CNN Money pada Senin (27/4/2015), beberapa pekan terakhir VW telah mengalami periode kekacauan. Sebelumnya, Piech menarik dukungannya dari CEO Martin Winterkorn tetapi gagal untuk menjatuhkannya.

Piech telah lama memegang kendali perusahaan. Pengunduran dirinya menandakan akhir dari perebutan kursi teratas VW. Tahun 1993, Piech diangkat menjadi chairman sekaligus CEO VW. Sementara Winterkorn diangkat menjadi CEO tahun 2007.

Sebelumnya, Istri Piech, Ursula yang juga merupakan salah satu anggota dewan, mengundurkan diri dari tugasnya. Sementara ini, VW sementara dipimpin oleh Berthold Huber sebelum chairman baru terpilih.

Untuk diketahui, sejak Piech menjabat sebagai ketua dan CEO, VW merangsek menjadi pabrikan raksasa, salah satunya adalah dengan menghidupkan kembali merek seperti Bugatti. Di 2012, VW juga membeli Porsche dengan ambisi menjadi pabrikan mobil terbesar di dunia.

(rio/sts)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini