Sukses

5 Alasan Memilih Velg Alloy

Berikut adalah beberapa alasan mengapa velg alloy yang berasal dari campuran besi dan aluminium lebih baik sehingga Anda harus memilihnya.

Liputan6.com, Jakarta - Kebanyakan pabrikan otomotif menggunakan velg kaleng untuk mobil mereka dengan alasan biaya yang lebih rendah. Tetapi, saat ini tren tersebut mulai bergeser. Pabrikan otomotif saat ini mulai menggunakan velg alloy untuk mobil baru, baik yang ditawarkan sebagai perlengkapan opsional atau memang standar.

Alloy merupakan kombinasi dua atau lebih elemen yang salah satunya adalah logam dan hasilnya memiliki properti metalik. Alloy biasanya dibuat agar memiliki sifat yang lebih baik dibanding dengan komponen pembentuknya. Bukan hanya untuk velg, alloy juga biasa digunakan sebagai casing ponsel, bahkan hingga cincin batu akik.

Melansir Top Cars Picks pada Selasa (28/4/2015), berikut adalah beberapa alasan mengapa velg mobil yang berasal dari campuran besi dan aluminium lebih baik sehingga Anda harus memilihnya:

Unsprung lebih ringan

Keuntungan terbesar dari velg alloy adalah pengurangan berat pada unsprung. Istilah ini mengacu pada berat ban, rem, bantalan dan roda itu sendiri. Dengan berat unsprung rendah, mobil dapat mempertahankan kontaknya dengan jalan.

Dengan menurunkan berat unsprung, suspensi mobil akan dapat bereaksi lebih cepat dan memperbaiki traksi, atau gaya gesek maksimal yang bisa dihasilkan antara dua permukaan tanpa mengalami slip.

Meringankan sparepart yang bergerak

Berat sparepart yang bergerak lebih penting untuk diperhatikan dibanding dengan sparepart yang statis seperti as roda. Memasang velg alloy berguna untuk meringankan sparepart yang bergerak tersebut.

Dengan begitu, maka kendaraan akan memiliki berat keseluruhan yang lebih ringan, dan pada akhirnya akan menghasilkan efisiensi bahan bakar, peningkatan performa pada pengereman dan akselarasi. 

>> Klik laman selanjutnya

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Next

Pengereman lebih baik

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, berat kendaraan yang lebih rendah dapat membantu peningkatan kemampuan rem. Namun, berat badan bukan satu-satunya faktor yang mempengaruhi kinerja rem.

Velg alloy lebih efektif dalam meredam panas daripada kaleng karena komposisi mereka. Akhirnya, pengereman yang lebih baik mengurangi kemungkinan kegagalan rem dan membuat Anda tetap aman di jalanan.

Pilihan ban lebih banyak

Dengan mobil yang memiliki velg alloy, artinya pilihan ban yang dapat digunakan pun akan lebih banyak. Ban lebar misalnya, dapat meningkatkan respon stir dan mengurangi distorsi sudut camber.

Bukan hanya itu, ban lebar juga dapat mengurangi rolling resistance yang dapat meningkatkan efisiensi bahan bakar dan akselarasi. Velg alloy juga biasanya dibuat untuk memungkinkan pengguna menyesuaikan mobil dengan rem yang lebih besar.

(rio/ian)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.