Sukses

Kandidat Ferrari Lawas Termahal di Dunia, Harganya Rp 183 M

Dari wujudnya saja, kita dibuat jatuh hati dengan Ferrari 250 GT SWB California Spider lansiran 1961.

Liputan6.com, California - Dari wujudnya saja, kita dibuat jatuh hati dengan Ferrari 250 GT SWB California Spider lansiran 1961. Siapa yang tak kepincut dengan tunggangan elegan nan cantik asal Italia ini, terlebih bagi pecinta mobil klasik.

Ya, empat minggu sebelum acara lelang yang digelar RM Sotheby pada Concorso d'Eleganza Villa d'Este, Ferrari 250 GT SWB ini tebar pesona ke publik. Menurut keterangan resminya, model ini merupakan salah satu model yang paling istimewa dan siap jadi rebutan pada 23 Mei mendatang.

"Kata 'California Spider' merupakan sinonim dari 'La Dolce Vita' dan karya terbaik yang bisa dibayangkan," kata Car Specialist, RM Sothebys, Peter Wallman.

"Mungkin, sebuah mobil converible tercantik yang pernah dibuat, yang mengemas mesin 3,0 liter V12, kabin yang lega dengan konfigurasi dua kursi sport dengan perfroma balap yang menjadi ikon Ferrari sepanjang waktu."

Dikatakan, California Spider yang akan dilelang ini memiliki nomor sasis 2505 GT dan model 18 dari 56 SWB California Spider yang pernah diproduksi.

2505 GT merupakan model untuk pasar Eropa. Di mana Ferrari 250 GT SWB California Spider ini dipasarkan oleh sebuah dealer resmi di Milan. Mobil itu menetap di Negeri Pisa hingga 1974 hingga akhirnya jatuh ke kolektor asal Swiss selama 20 tahun.

Singkat cerita, tepatnya pada 2007, pemiliknya mengembalikan mobil asal Maranelo itu untuk direstorasi oleh Ferrari Classiche. Mobil pun mendapat sentuhan Blu Scuro melalui interior Pelle Beige.

Tiga tahun berselang, California Spider ini melakoni ajang Ferrari 2010 Challenge World Finals di Valencia, di mana mobil menjadi salah satu peserta parade yang turut dihadiri Presiden Ferrari, Luca di Motezemolo.

Nah, di ajang lelang itu, Ferrari 250 GT SWB California Spider lansiran tahun 1961 bakal menjadi kandidat mobil klasik termahal. Untuk harganya, mobil ini dipercaya bakal terjual lebih dari US$ 14,1 juta atau  setara Rp 183,3 miliar. Harga yang fantastis bukan?

(gst/sts)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.