Sukses

Mercy Restui Produsen Mobil China Menjiplak G-Class

Daimler selaku perusahaan induk Mercedes Benz memiliki 12 persen saham di BAIC.

Liputan6.com, Shanghai - Ajang Shanghai Auto Show memang telah berakhir. Namun begitu, pameran otomotif terbesar di Tiongkok ini menyisakan banyak kisah menarik di antaranya yaitu mobil-mobil dengan desain hasil jiplakan dari model yang dipasarkan oleh pabrikan besar dunia.

Kali ini korbannya adalah raksasa otomotif asal Jerman, Mercedes Benz. Melansir laman Autoweek, Selasa (28/4/2015), versi tiruan SUV ikonik Jerman tersebut dipamerkan oleh Beijing Automotive Industry Holding Co., Ltd (BAIC) dengan nama BJ80C.

Namun demikian, BAIC telah mendapat restu dari pihak Mercedes Benz menggunakan rancang bangun milik G-Class. Hal ini ditengarai karena Daimler selaku perusahaan induk Mercedes Benz memiliki 12 persen saham di BAIC.

Dijelaskan, unsur G-Class begitu kental melekat pada SUV lokal Tiongkok ini melalui desainnya yang bergaya kotak baik dari sisi samping maupun fasia. Perbedaannya hanya terdapat pada bentuk gril depan serta taillamp yang diposisikan tegak.

Selain itu, dimensi BJ80C lebih panjang ketimbang G-Class. Adapun G-Class memiliki wheelbase dengan panjang 94,5 inci, sedangkan BJ80C sepanjang 110 inci.

Untuk dapur pacu, BJ80C dibekali dua pilihan mesin yakni empat silinder 2,4 liter dan 4,0 liter V6. Kabarnya, SUV ini juga telah digunakan oleh kalangan militer Tiongkok dan bakal unjuk gigi pada parade Tentara Pembebasan Rakyat.

(ysp/sts)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.