Sukses

Ini Daftar Mobil Rakitan Karawang Favorit Konsumen Dunia

Kontribusi ekspor mobil sangat besar dalam mendongkrak penjualan mobil nasional di tengah pasar yang sedang lesu.

Liputan6.com, Jakarta Di industri otomotif, Indonesia tak cuma diposisikan sebaga pasar roda empat tapi juga menjadi basis produksi untuk sejumlah merek kendaraan.

Selain memenuhi kebutuhan pasar lokal, sejumlah model pun turut diekspor untuk menjawab permintaan global.

Data dari PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN), ekspor kendaraan merek Toyota naik 30,3 persen pada kuartal I tahun ini. Dibandingkan periode yang sama tahun lalu, ekspornya naik dari 33.800 unit menjadi 44 ribu unit. Lantas model apa yang jadi favorit konsumen global? Berikut daftarnya :

1. Fortuner

Director of Corporate and External Affairs PT TMMIN, I Made Dana Tangkas mengatakan, Fortuner masih menjadi model terlaris. Sepanjang kuartal I ini, ekspornya mencapai 1,763 unit dengan kontribusi sebesar 31,11 persen.

Sport utility vehicle (SUV) ini dilempar ke Qatar, Uni Emirat Arab, Arab Saudi, Jordania, Libanon, Suriah, Oman, Kuwait, Bahrain, Yaman, Filipina, Nigeria, Ghana, Amerika Latin, dan Karibia. 

>> Klik laman berikutnya 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

next

2. Vios
 
Meski Fortuner berkontribusi paling besar terhadap ekspor kendaraan Toyota rakitan Karawang, model sedan yang dipasarkan dengan nama Vios ini justru mengalami pertumbuhan 200 persen.
Data TMMIN menunjukkan, ekspor Vios mencapai 10.247 unit. Small sedan ini diniagakan ke Uni Emirat Arab, Jordania, Bahrain, Libanon, Qatar, Yaman, Arab Saudi, Kuwait, Oman, Malaysia, Brunei Darussalam, dan Singapura. 
 
>> Klik laman berikutnya 
3 dari 3 halaman

3. Kijang Innova
 
Multi purpose vehicle (MPV) yang satu ini nyatanya tak cuma laris di dalam negeri. Di pasar internasional pun, mobil dengan konfigurasi tujuh kursi penumpang diminati konsumen di Thailand, Brunei Darussalam, Afrika Selatan, Meksiko, Filipina, Suriah, Mesir, Arab Saudi, Oman, Kuwait, Uni Emirat Arab, Qatar, Bahrain, Yaman, Sri Lanka, Bangladesh, Nepal, Jordania, Libanon, Tahiti, Nigeria, Mozambie, Kenya, Angola, Madagaskar, Mauritius, Afrika Barat, Pakistan, Fiji, Zimbabwe, Malawi, Zambia, dan Seychelles. 
 
Di luar itu, TMMIN juga melempar Avanza, Rush, Town Ace/lite, Agya, juga Yaris dengan total 16.124 unit. 
 
(gst/sts)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini