Sukses

Dongkrak Tenaga Motor Juga Bisa Dilakukan Sendiri, Ini Caranya

Jika memang memiliki keahlian dan peralatan yang dibutuhkan, memodifikasi motor sendiri pun tidak jadi masalah.

Liputan6.com, Depok - Memodifikasi motor dapat dilakukan di bengkel khusus dengan mekanik terpercaya. Meskipun begitu, jika memang memiliki keahlian dan peralatan yang dibutuhkan, memodifikasi motor sendiri pun tidak jadi masalah.

Rachmad Eko Putro Manager Apparel dan Corporate AHRS mengatakan, hal pertama yang harus diperhatikan dalam mendongkrak tenaga motor adalah knalpot.

"Knalpot jadi 'pintu pertama' untuk dapat melakukan hal yang lain, kalau knalpot beres, baru part lainnya bisa dimodifikasi," kata Eko di markas AHRS di kawasan Depok pada Kamis (30/4/2015).

Setelah itu, hal lain yang perlu diperhatikan adalah mengecek pengapian. Untuk memaksimalkan pengapian agar tenaga dan kecepatan bertambah, maka yang perlu dilakukan adalah memperbesar kapasitas ruang bakar dan pasokan bahan bakar.

Setelah pengapian selesai, maka bagian selanjutnya yang harus diperhatikan adalah tekanan kompresi. Sebab, semakin banyak gas yang dimasukkan, maka kepadatan gas semakin tinggi dan membuat tekanan kompresi naik. Tekanan kompresi yang baik akan membuat pembakaran lebih maksimal.

Kemudian, menurut Eko, hal selanjutnya yang harus diperhatikan adalah gas spontan. "Perhatikan juga gas spontan, kalau gas spontannya sudah maksimal, baru perhatikan unsur keselamatan, misalnya kondisi ban," tutupnya.

(rio/ian)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.