Sukses

3 Komponen yang Disarankan Diganti Setelah Beli Motor Seken

Sebelum membeli tentu Anda harus cermati lebih dahulu kondisinya. Pastikan surat-surat kendaraan lengkap dan nomor rangka dan mesin sesuai.

Liputan6.com, Jakarta - Meski saat ini banyak produsen sepeda motor menawarkan model-model terbaru, keberadaan motor bekas lantas tidak bisa dilupakan begitu saja. Nah, bagi Anda yang berminat untuk membeli motor seken, tentu ada beberapa hal yang harus diperhatikan.

Sebelum membeli tentu Anda harus cermati lebih dahulu kondisinya. Pastikan surat-surat kendaraan lengkap dan nomer rangka dan mesin sesuai.

Setelah menemukan sepeda motor yang sesuai kriteria dan membelinya, ada beberapa hal lagi yang mesti Anda lakukan sebelum menggunakan motor tersebut sebagai alat transportasi.

Dari berbagai sumber informasi yang berhasil Liputan6.com himpun, ada beberapa komponen yang disarankan diganti setelah membeli motor seken. Berikut uraiannya:

1. Busi

Berfungsi sebagai sistem pengapian, keberadaan busi sangatlah penting. Kenapa komponen ini disarankan untuk diganti karena kita tidak tahu berapa lama busi ini telah dipakai. Meski kondisinya bisa diketahui, namun alanghkah baiknya jika diganti agar kondisi sistem pengapian prima.

2. Oli

Sama seperti busi, kondisi oli juga bisa diketahui kualitasnya. Jika terlalu lama oli tersebut terendam di dalam motor yang jarang digunakan maka kualitasnya bisa saja menurun. Oleh sebab itu, sebaiknya setelah membeli gantilah oli mesin agar pelumasan mesin maksimal.

3. Kampas Rem

Rem sebagai fitur keselamatan tentu sangat penting bagi pengendara. Untuk menjamin keselamatan, maka tidak ada salahnya untuk mengganti kampas rem dengan yang baru. Minimal Anda membongkar dan memastikan ketebalan kampas rem tersebut.

(ian/sts)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini